Rabu, 13/04/2011 11:16

Sosialisasi 4 Pilar kerjasama Persatuan Istri Purnawirawan TNI & Polri dan MPR RI - Dengan 4 Pilar Tetap Jaga Kokohnya Negara Kesatuan RI

“Nah…begitu itu seharusnya semangat rakyat Indonesia. Kita berada di gedung ini tidak lagi mengenal perbedaan. Semua satu yaitu rakyat Indonesia,” ujar Linda dalam sambutannya kepada ratusan peserta yang terdiri dari anggota Perip, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indoensia, pelajar SMA, dan mahasiswa.

Linda menekankan bahwa para peserta khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya harus terus diingat bahwa 4 Pilar berbangsa dan bernegara adalah sesuatu yang teramat penting dari negara yang diamanahkan kepada kita untuk diwariskan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa, sebagai bekal meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.

“Saya harap sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan kita terhadap pilar-pilar bangsa kita dan bisa segera diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” ucap Linda menutup sambutannya.

Menurut penjelasan Sekretaris Jenderal Perip, Wetty Margoyuno, sosialisasi 4 pilar yang mengambil tema ‘Soliditas Kesatuan dan Persatuan Perip Memperkuat Tetap Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia’ diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian acara penting memperingati HUT Persatuan Istri Purnawirawan TNI& Polri KE-47 yang jatuh pada tanggal 17 April 2011 nanti.

Wakil Ketua MPR RI, Melani Leimena Suharli didaulat untuk membuka secara resmi sosialisasi 4 Pilar, dan Anggota MPR RI Fraksi PPP, Zainut Tauhid Sa'adi serta Anggota MPR RI Fraksi PDIP, Eva Kusuma Sundari menjadi narasumber utama pemaparan materi 4 pilar.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli menyampaikan apresiasi mewakili lembaga MPR RI kepada Perip yang telah gigih memperkokoh 4 pilar sebagai wujud komitmen mereka sebagai anak bangsa.

“Upaya memperkokoh keutuhan bangsa yang memenag merupakan visi dari sosialisasi 4 pilar adalah keajiban seluruh anak bangsa tanpa kecuali. Apalagi disaat bangsa kita sedang menghadapi berbagai permasalahan multidimensi yang membutuhkan peran serta seluruh rakyat dalam penyelesaiannya, salah satunya dengan lebih memahami kembali 4 pilar sebagai landasan fundamental bangsa kita,” papar Melani.

Melani sangat bersukur dan sangat senang, peserta sosialisasi juga datang dari para generasi muda, pelajar dan mahasiswa juga para guru TK.

“Mudah-mudahan para generasi muda kita ini cepat memahami landasan fundamental bangsa kita sehingga timbul rasa patriotisme dan kecintaan kepada bangsa dan ini penting karena masa depan bangsa di tangan para generasi muda. Demikian pula dengan ibu-ibu guru TK. Memang pemahaman soal 4 pilar yang bisa juga sebagai landasan pembentukan karakter bangsa dimulai sejak usia dini tentu disesuaikan dengan tingkat usia,” ujar Melani.

Acara utama pemaparan materi sosialiasi 4 pilar (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika ) dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama yang dibawakan Eva Kusuma Sundari memaparkan materi tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Sesi kedua, pemaparan materi tentang UUD NRI 1945 dan NKRI dibawakan oleh Zainut Tauhid Sa'adi.
 

Share

Rekaman Live Streaming Pidato Bung Karno 1 Juni di Bengkulu