Selasa, 26/06/2012 19:53

Babak Penyisihan LCC 4 Pilar Provinsi Sumatera Utara : Uji Pemahaman 4 Pilar menuju 6 Besar

Perlombaan Cerdas Cermat  4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat SMA seleksi Provinsi Sumatera dimulai dengan babak penyisihan Selasa, 26/6 bertempat di gedung Al Hujja Asrama Haji kota Medan.Dimana setelah sehari sebelumnya para peserta diberikan pengarahan materi mengenai kisi-kisi perlombaan oleh panitia. Dalam pengundian yang telah dilakukan kemarin, akan bertanding untuk Lomba penyisihan 1 yaitu SMA Sw katolik Sibolga, SMAN 2 Rantau Utara, dan SMAN 1 Sorkam Barat. Untuk Lomba Penyisihan 2 yaitu SMAN 1 Binjai, SMAN 1 Tebing Tinggi, dan SMAN 1 Lima Puluh. Untuk Lomba Penyisihan 3 yaitu SMAN 1 Lubuk Pakam, SMAN 1 Kabanjahe, SMAN Unggulan Sukma Nias. Lomba Penyisihan 4 yaitu SMA Sw Methodist Pematang Siantar, SMAN 1 Tuhemberua, SMAN 1 Tarutung. Lomba Penyisihan 5 yaitu SMAN 1 Medan, SMAN 1 Angkola Selatan, SMAN 2 Plus Panyabungan. Untuk Lomba Penyisihan 6 yaitu SMAN 1 Raya, SMAN 1 Baktiraja dan SMAN 1 Gido.

Untuk masing-masing lomba sendiri terdiri dari empat babak yatu yel-yel, tematik/menjelaskan, pernyataan benar/salah dan babak rebutan. Tepat pukul 9 lomba untuk penyisihan 1 dimulai. Dewan Juri yang bertugasuntuk babak penyisihan yaitu Drs. Aip Suherman, Usep Supriatna, S.Sos., M.Si , Endang Ita dari Sekretariat Jenderal MPR serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dra. Sabariah

Dalam perlombaan Penyisihan 1 berlangsung sangat seru, dimana terjadi pengumpulan skor yang ketat hingga babak pernyataan benar atau salah selesai dimana regu SMAN 2 Rantau Utara dan SMAN 1 Sorkam Barat memperoleh skor yang sama yaitu 75. Namun hingga babak rebutan selesei regu SMAN 2 Rantau Utara berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dengan 95poin disusul peringkat kedua SMA Sw Katolik Sibolga 85 poin dan diperingkat ketiga SMAN 1 Sorkam Barat 80 poin. Untuk yel terbaik direbut oleh regu SMA Sw Katolik Sibolga. Di Lomba Penyisihan kedua, SMAN 1 Lima Puluh Berhasil merebut tiket ke semifinal dengan pencapaian nilai 100 disusul SMAN 1 Binjai dengan 90 poin dan SMAN 1 Tebing Tinggi di tempat ketiga dengan 60 poin. Menurut Duma, salah satu siswi dari SMAN 1 Lima Puluhmengungkapkan rasa senangnya karena timnya bisa masuk ke babak semi final, padahal menurutnya ada SMAN 1 Binjai yang lebih diunggulkan. Lebih lanjut lagi Duma mengatakan sangat mendukung acara ini sebab acara ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami akan pentingnya 4 Pilar dalam kehidupan sehari-hari. Perlombaan Penyisihan ketiga menghadirkan pemenang dari SMAN 1 Lubuk Pakam dengan 85 poin ditempat kedua SMAN 1 Kabanjahe, sedang SMAN Unggulan Sukma Nias menempati posisi ketiga. Pada perlombaan ini sempat terjadi protes dari kubu SMAN 1 Kabanjahe, mereka protes mengenai babak rebutan dimana pada soal ketujuh mereka mengklaim merekalah yang menekan tombol duluan, namun setelah dilihat dalam video rekaman terlihat regu SMAN 1 Lubuk Pakam-lah yang terlebih dahulu menekan tombol. Setelah beristirahat untuk makan siang perlombaan kembali dilanjutkan. Pada lomba keempat  regu SMA Sw Methodist Pematang Siantar Unggul tipis dari saingannya SMAN 1 Tarutung  sehingga berhak melaju ke semifinal keesokan harinya sedang peringkat ketiga diduduki oleh SMAN 1 Tuhemberua. Untuk yel terbaik kali ini direbut oleh SMAN 1 Tarutung. Pada lomba Penyisihan kelima terjadi persaingan yang sangat ketat antara SMAN 1 Medan dan SMAN 2 Plus Panyabungan. Disoal rebutan terakhir SMAN 1 Medan berhasil menjawab dengan benar sehingga mengumpulkan nilai tertinggi dengan 95 poin diurutan kedua SMAN 2 Plus Panyabungan dengan 90 poin dan diurutan ketiga SMAN 1 Angkola Selatan dengan 40 poin. Sedangkan untuk yel terbaik dimenangkan oleh SMAN 2 Plus Panyabungan.  Pada lomba penyisihan terakhir atau penyisihan keenam SMAN 1 Raya unggul jauh atas lawan-lawannya. SMAN 1 Raya berhasil mengumpulkan 155 poin disusul peringkat kedua SMAN 1 Gido dengan 45 poin dan diperingkat ketiga SMAN 1 Baktiraja. Dan pengumpulan nilai dari SMAN 1 Raya ini menjadi nilai yang tertinggi selama berlangsungnya babak penyisihan. Kemenangan SMAN 1 Raya terlengkapi dengan menyabet yel terbaik.

Dengan demikian keenam regu yang akan bertanding dibabak semifinal besok Rabu, 27/6 yaitu SMAN 2 Rantau Utara, SMAN 1 Lima Puluh, SMAN 1 Lubuk Pakam, SMA Sw Methodist Pematang Siantar, SMAN 1 Medan dan SMAN 1 Raya.

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (0)

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I