Senin, 28/01/2013 16:24

SMAN 1 Matauli Pandan Wakili Sumatera Utara Ke Tingkat Nasional

Setelah menyelesaikan babak penyisihan sehari sebelumnya, LCC 4 Pilar memasuki babak semifinal dan final, Senin (28/1) hadir sebagai juri pada perlombaan babak semifinal dan final, Martin Hutabarat, SH (Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI), Hasbi Anshory, SE., MM (Anggota MPR RI dari Kelompok DPD) dan Drs. Eddie Siregar, M.Si (Sekretaris Jenderal MPR RI).

Semifinal pertama mempertemukan SMAN 2 Balige, SMAN 2 Padang Sidempuan, dan SMAN 1 Matauli Pandan. Pada babak ini, perlombaan berlangsung ketat. Susul-menyusul skor terjadi di setiap babak. Perlombaan diakhiri dengan skor yang cukup tinggi dari masing-masing sekolah. Keunggulan pemahaman materi dan strategi lomba membuat SMAN 1 Matauli Pandan keluar sebagai juara dengan angka 222, disusul SMAN 2 Padangsidempuan (165) dan SMAN 2 Balige (145). Hasil ini menempatkan SMAN 1 Matauli Pandan sebagai regu pertama yang lolos ke babak final.

Semifinal kedua mempertemukan SMAN 1 Sidikalang, SMAN 1 Sei Rempah, dan SMAN 1 Gunung Sitoli. Sebagaimana pada semifinal pertama, babak ini juga berlangsung dengan sangat ketat. Berkat keunggulan penguasaan materi dan kerja sama tim yang baik. SMAN 1 Gunung Sitoli menjadi pemenang dengan skor akhir 189, disusul SMAN 1 Sidikalang (168) di tempat kedua dan SMAN 1 Sei Rempah (140) di tempat ketiga. Hasil ini menempatkan SMAN 1 Gunung Sitoli ke babak final, disertai oleh SMAN 1 Sidikalang  sebagai runner-up terbaik.

Babak final yang dihelat siang harinya mempertemukan tiga regu terbaik, yakni SMAN 1 Matauli Pandan, SMAN 1 Gunung Sitoli, dan SMAN 1 Sidikalang. Pertandingan berlangsung ketat, terutama di babak tematik dan babak satu lawan satu. Namun demikian, SMAN 1 Matauli Pandan mampu menunjukan performa terbaik pada babak benar-salah, dan mengakhiri perlombaan dengan skor 186, unggul atas SMAN 1 Sidikalang (138) dan SMAN 1 Gunung Sitoli (129). Hasil ini menempatkan SMAN 1 Matauli Pandan sebagai duta Sumatera Utara yang akan berlaga di tingkat nasional.

Terpisah, Donna Aprilla, salah satu siswi dari SMAN 1 Matauli Pandan menyatakan sangat gembira dengan hasil ini. Sekolahnya, wakil dari Kabupaten Tapanuli Tengah, daerah pesisir yang berjarak 12 jam perjalanan darat dari Medan berhasil mewakili Sumatera Utara ke tingkat nasional. ‘Sungguh luar biasa, nggak sia-sia kami belajar’ ujarnya ketika ditanya perasaannya setelah memenangkan lomba ini.  

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (2)

Komentar Terkini

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I