Rabu, 30/01/2013 15:22

Panitia HPN 2013 Undang Ketua MPR RI

Ketua Umum PWI Margiono, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azzam, anggota Dewan Kehormatan PWI Ishadi SK, Ketua Panitia HPN 2013 Mohammad Ihsan, Sekretaris Jenderal PWI Pusat Hendry CH. Bangun yang tergabung dalam Delegasi Panitia Hari Pers Nasional 2013, hari ini, Rabu (30/1), menyambangi Ketua MPR RI Taufiq Kiemas, di Ruang Rapat Pimpinan, Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Menurut Margiono, kedatangan delegasi HPN 2013 secara khusus untuk menyampaikan undangan khusus kepada Ketua MPR RI Taufiq Kiemas untuk hadir dalam acara puncak Hari Pers Nasional 2013 yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Februari 2013 di Manado.

“Acara puncak HPN 2013 yang mengusung tema sentral ‘Pers Bermutu Bangsa Maju’ tahun ini memang diadakan di Manado, nanti bergiliran ke daerah-daerah lain.  Acara puncak HPN nanti akan dihadiri sekitar 1.000 undangan dari unsur PWI pusat dan cabang seluruh Indonesia. Dewan Pers, pimpinan komponen pers, toko/sesepuh pers, para pemimpin redaksi media massa se-Indonesia, organisasi pers, perwakilan negara sahabat, pejabat pemerintah pusat dan daerah, serta delegasi pers asing termasuk anggota Confederation of Asean Journalist (CAJ),” ujar Margiono.

Dalam rangkaian acara HPN 2013 yang merupakan forum terbesar dan terlengkap komponen pers Indonesia, lanjut Margiono, menjelang perhelatan HPN juga akan diadakan diskusi soal dunia pers Indonesia, diskusi tentang permasalahan bangsa dari insan pers dengan elemen masyarakat seperti akademisi, LSM, pemerintah, rakyat.

Sejumlah kegiatan penting lainnya tetap akan dilaksanakan.  Antara lain, pemberian medali emas kemerdekaan pers bagi tokoh dan lembaga, Pemberian hadiah Adinegoro bagi karya jurnalisitk terbaik, pemberian Medali Spirit Jurnalisme bagi tokoh pers, Press Card Number One, Konvensi Media Massa, Seminar Nasional.

Ketua MPR RI Taufiq Kiemas sangat mengapresiasi secara khusus PWI dan insan pers seluruh Indonesia dalam upayanya sesuai fungsinya berkontribusi aktif untuk bangsa.

“Pers Indonesia adalah merupakan salah satu pilar utama penentu reformasi.  Pers sangat berperan besar bagi perubahan dan perjalanan bangsa ini.  Saya berpesan serius kepada PWI dan insan pers Indonesia, dalam konteks pemilihan pemimpin bangsa, saya harap PWI dan insan pers agar memberikan edukasi yang baik kepada rakyat untuk menentukan dan memilih pemimpin bangsa yang terbaik.  Jika ada ‘kegaduhan-kegaduhan’, saya harap insan pers mampu menjadi jembatan dan kanal aspirasi rakyat agar ‘kegaduhan-kegaduhan’ yang ada tidak sampai meluas dan terjadi ‘kegaduhan’ yang lebih besar,” ujar Taufiq Kiemas.

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (0)

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I