Rabu, 06/02/2013 20:33

LCC RIAU 2013: Menuju Babak Semifinal

Bulatkan tekad satukan rasa, karena kita satu bangsa, generasi muda Indonesia, adalah sebaris kalimat yang kerap digaungkan saat mengawali LCC. Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang berlangsung di Provinsi Riau (4 s/d 8 Februari 2013) memasuki babak penyisihan, setelah di hari sebelumnya, 180 siswa ini mengikuti sesi pemaparan materi yang diberikan oleh narasumber dari tim sekretariat jenderal MPR RI.

Ada sesi lomba baru di LCC 2013 ini, sesi tematik, satu lawan satu,dan benar atau salah. Mengusung format baru, diharapkan dalam penampilan lomba kali ini para siswa peserta mampu memahami 4 pilar secara utuh dan menyeluruh.

Enam putaran di babak penyisihan ini (6/2/13) menghadirkan  dewan juri dari Sekretariat Jenderal MPR RI; Eddie Siregar, Suryani, Usep Supriatna dan Herry Putra, serta dua orang juri daerah Zuhdi Santosa dan Affan.  Di putaran pertama babak penyisihan-sesi satu lawan satu, memimpin  dari awal hingga akhir lomba regu A SMAN 8 Pekanbaru, dengan nilai 121, sementara SMAN I Dumai meraih nilai 106 dan menyusul SMK Pertanian Terpadu dengan nilai 95.

Pada putaran ke-dua, berlomba SMA Cendana Pekanbaru, SMAN I Tualang menggantikan SMA kotogasi yang urung tampil, dan SMAN Pintar Kabupaten Kuansing. Dari lomba putaran ke-dua ini berhasil lolos SMAN I Cendana dengan skor akhir 151.

Ketat bersaing di putaran ke-tiga SMAN I Bangko dengan SMA Babussalam Pekanbaru. Ke-tiga regu peserta juga sempat memperoleh skor yang sama di sesi lomba benar saat soal benar atau salah saat pertanyaan mengenai penyelenggaraan pemilu diajukan. Namun akhirnya SMA Babussalam harus rela dengan cukup mengantongi point 149, dan SMA I Bangko dengan skor 152 yang juga meninggalkan regu A, SMAN 2 Rambah Hilir di urutan ke-tiga dengan nilai 142.

Memasuki putaran ke-empat babak penyisihan, tampil memikat SMAN I Tembilahan Hulu. Tujuh dari 10 soal yang dibacakan di sesi lomba satu lawan satu berhasil dijawab dengan mulus. Dengan skor akhir yang cukup fantastis 220, SMA I Tembilahan Hulu akhirnya melaju meninggalkan SMAN I Lirik dengan nilai 135 dan SMA I Bangkinang  104.

Setelah  4 kali putaran lomba, turun di putaran ke-lima, SMAN Plus Provinsi Riau, SMAN 2 Mandau Bengkalis, SMKN I Pekanbaru. Meninggalkan dua sekolah lainnya, SMAN 2 Mandau Bengkalis (skor: 135) dan SMKN I Pekanbaru (skor: 118), SMAN Plus Provinsi Riau berhak mengikuti babak selanjutnya dengan mengantongi angka 204.

Putaran ke-enam,  yang merupakan putaran terakhir di babak penyisihan ini SMAN I Tebing Tinggi Barat memperoleh 4 skor lebih tinggi yaitu 129, dari SMAN I Pangkalan Kerinci yang terhenti di angka 125, yang juga meninggalkan SMAN 5 Pekanbaru dengan nilai 91.

Regu sekolah manakah dari yang berhasil lolos (SMAN 8 Pekanbaru, SMA I Tualang, SMAN I bangko, SMAN I Tembilahan Hulu, SMAN Plus Provinsi Riau, SMAN I Tebing Tinggi Barat) akan terus mampu melaju hingga ke final? Kita tunggu hasilnya di final LCC Provinsi Riau Kamis (8/2/2013).

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (0)

Rekaman Live Streaming Pidato Bung Karno 1 Juni di Bengkulu