Rabu, 27/02/2013 09:37

Wakil Ketua MPR Yakin pada Integritas Komisioner KPK


Wakil Ketua MPR RI, Lukman Hakim Saifuddin
(MPR RI)
Bogor - Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Lukman Hakim Saifuddin menilai komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih layak dipercaya, pasca-menetapkan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi mobil Harrier. 

"Saya punya optimisme tinggi bahwa para komisioner KPK dan penyidiknya itu tetap bisa memenuhi atau setidaknya menjaga harapan masyarakat bahwa KPK adalah institusi yang tetap terjaga indepedensi dan imparsialitasnya," kata Lukman Hakim di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, (26/2). 

Kasus ini, kata Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, merupakan ujian bagi KPK. Menurutnya meskipun terjadi politisasi kasus ini namun lembaga antirasuah tersebut harus bisa menyidik dengan proses sesua prinsip-prinsip hukum yang berlaku.

Namun, lanjutnya, KPK masih mempunyai tugas untuk semakin transparanm, misalnya soal kebocoran surat perintah penyidikan (sprindik) Anas. Hal tersebut harus menjadi evaluasi bagi lembaga pimpinan Abraham Samad tersebut.

"Ketika kasus ini tidak bisa terungkap dengan apa adanya maka saya khawatir akan menimbulkan dugaan-dugaan yang sangat tidak positif bagi KPK ke depan," tutupnya.

Sumber: beritasatu.com

Anggota: LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN

Share

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I