Selasa, 26/03/2013 11:41

Sosialisasi Di Samping Flyover Cibinong

Halaman sekolah SMP dan SMK Generasi Madani, pada pagi itu, 25 Maret 2013, tak seperti biasanya. Di halaman seluas lapangan bola basket itu berdiri tenda putih bergaris merah. Di bawah tenda terdapat panggung. Puluhan kursi plastik dan beberapa kursi kayu ditata di depan panggung itu. Sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB, beberapa siswa berdiri di jalan menuju sekolah. Mereka bertugas untuk mempersilahkan siapa-siapa saja yang hendak mengikuti acara itu.

Satu persatu tamu pun datang, dari ibu-ibu kelompok pengajian, aparat desa, aparat kecamatan, babinsa, babinkam, pengurus PPP tingkat desa, wartawan, hingga anggota DPRD Fraksi PPP. Acara bertempat di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu bukan pengajian, bukan pula kampanye, namun Sosialisasi 4 Pilar. Alamat yang tepat di samping Flyover Cibinong itu merupakan kerja sama antara Yayasan Syech Mansyur dengan MPR. Yayasan Syech Mansyur-lah yang mengelola sekolah yang berdiri pada tahun 2009 itu.

Banyaknya politisi PPP dan anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP yang hadir dalam kesempatan itu, seperti Romli, Ade Munawar, dan Rifdian Suryadarma, sebab yayasan itu ada kaitannya dengan partai berlambang Kabah. Tak heran bila narasumber acara itu juga orang PPP yakni Wan Abu Bakar, anggota DPR Komisi IV.

Ketua Yayasan Syech Mansyur, Ahmad Sanusi, berharap sosialisasi yang diselenggarakan bisa menambah wawasan kebangsaan bagi masyarakat di Kelurahan Pabuaran pada umumnya dan pada anak-anak SMP dan SMK Generasi Madani pada khususnya. “Sehingga tertanam jiwa patriot, cinta tanah air,” ujarnya. “Hasil dari sosialisasi juga diharapkan menjadi penyeimbang antara iptek dan imtak yang didapat di sekolah,” papar pria berusia 60-an tahun itu.

Acara sosialisasi bertempat di sekolah diakui oleh Kepala Kesbang Kabupaten Bogor, Wawan Setiawan, sangat penting. Diungkapkan pada tahun 2012 dirinya membina 1000 sekolah SMA dan yang sederajad. Dari pembinaan itu diketahui bahwa 20% anak sekolah tidak hafal Pancasila, 20% tidak hafal lagu Indonesia Raya, dan 20% pernah menonton film porno. Untuk itu sosialisasi dianggap penting untuk meningkatkan kualitas generasi muda. “Untuk menguatkan komitmen 4 Pilar. Menumbuhkan kesetiaan kepada Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Dengan menguatnya 4 Pilar inilah maka Wawan Setiawan yakin generasi muda akan kokoh menghadapi degradasi moral. Disebut saat ini banyak nilai-nilai budaya asing masuk ke Indonesia yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. “Untuk mencegah budaya yang tak sesuai dengan budaya bangsa maka 4 Pilar perlu dikuatkan lagi,” tegasnya. Wawan Setiawan memberi apresiasi dari acara itu namun bagian terpenting dari kegiatan adalah internalisasi 4 Pilar dalam bentuk keteladanan. “Para siswa harus memberi teladan perilaku sesuai dengan 4 Pilar, “ harapnya.

Dihadapan para kader PPP Kabupaten Bogor dan generasi muda yang menempuh pendidikan di SMP dan SMK Generasi Madani, Wan Abu Bakar, menguraikan bangsa Indonesia memerlukan generasi pewaris yang menyadari tanggungjawabnya sebagai anak bangsa. Bangsa Indonesia yang besar patut dipertahankan keberadaannya. Pria asal Riau itu menuturkan bahwa orang-orang di luar negeri heran kepada bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku, agama, dan bahasa namun bisa bersatu. “Perbedaan dan persatuan inilah menjadi modal Kita,” katanya.

Untuk tetap menjaga persatuan maka ditegaskan oleh pria yang pernah menjadi Wakil Gubernur Provinsi Riau itu agar kita mengamalkan 4 Pilar. “Jangan sampai Kita terpecah belah. Jangan sampai satu diantara Kita menguasai yang lain,” harapnya.

Wan Abu Bakar prihatin atas apa yang diungkapkan oleh Wawan Setiawan sehingga saat memaparkan materi ia menunjuk beberapa siswa untuk menyebut sila-sila Pancasila dan apa saja 4 Pilar. Rupanya siswa yang ditunjuk tadi mampu menyebut dengan tepat dan benar. Mereka yang bisa menyebut dengan benar sila Pancasila dan apa saja 4 Pilar diberi tepuk tangan oleh ratusan teman lainnya. 

Share

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I