Rabu, 03/04/2013 09:47

Babak Penyisihan LCC 4 Pilar Kalteng: Uji Pemahaman 4 Pilar Menuju Semi Final

Perlombaan Cerdas Cermat  4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat SMA Tahun 2013 seleksi Provinsi Kalimantan Tengahbabak penyisihan berlangsung di Gedung Palampang Tarung Kantor Walikota Palangka Raya, Selasa (2/4) setelah sehari sebelumnya para peserta menerima materi mengenai perlombaan dari tim Sekretariat Jenderal MPR. Dari hasil undian perlombaan yang telah dilakukan kemarin menghasilkan 6 lomba babak penyisihan diantaranya : babak Penyisihan 1 mempertemukan SMAN 1 Kurun melawan SMAN 1 Bulik dan SMAN 1 Murung, dibabak penyisihan 2 mempertemukan SMAN 2 Sampit melawan SMAN 1 Katingan Hilir dan SMAN 1 Tamiang Layang, dibabak penyisihan 3 mempertemukan SMAN 1 Kahayan Hilir melawan SMAN 1 Dusun Selatan dan SMAN 1 Balai Riam, dibabak penyisihan 4, SMAN 1 Muara Taweh akan berhadapan dengan MAN Sampit dan SMKN 1 Kotawaringin Lama, dibabak penyisihan 5 regu yang bertanding yaitu SMAN 5 Palangka Raya bertemu dengan SMAN 1 Kapuas Barat dan SMAN 1 Kuala Pembuang, dibabak penyisihan 6 atau terakhir mempertemukan SMAN 2 Palangka Raya melawan MAN Selat Kuala Kapuas dan SMAN 1 Pangkalan Bun.

Lomba kali ini berbeda dibandingkan dengan lomba di tahun lalu dimana kali ini lomba terdiri dari babak tematik, satu lawan satu dan menjawab benar atau salah. Dalam lomba ini setiap peserta dituntut lebih untuk menguasai materi yang dilombakan karena masing-masing peserta punya andil besar dalam pengumpulan nilai. Tepat pukul 8 pagi lomba babak penyisihan 1 dimulai. Tim juri yang bertugas antara lain Eddie Siregar, Tugiyana, Agus Subagyo serta Fajar Supriyatna dari Sekretariat Jenderal MPR dan Prof Dr. Eddy Lion dari Universitas Palangka Raya sedang pembawa acara dibawakan oleh Lisa, Anita  dan Reza secara bergantian.

Babak penyisihan 1 mengasilkan SMAN 1 Bulik sebagai pemenang dengan nilai 143 disusul SMAN 1 Murung dengan 111 dan tempat ketiga SMAN 1 Kurun dengan 105 poin. Lomba yang disaksikan oleh seluruh peserta dan para guru pembimbing ini berlangsung sangat meriah, dukungan dari penonton tak henti-hentinya diberikan. Pada babak penyisihan 2, SMAN 2 Sampit keluar sebagai juara unggul jauh atas lawan-lawannya SMAN 1 Tamiang Layang dan SMAN 1 Katingan Hilir dengan 203 poin, 90 dan 89. Dibabak penyisihan 2 ini ada hal yang unik dimana Eka siswi dari SMAN 2 Sampit ditunjuk oleh juri untuk menjadi juri kehormatan karena kepandaiannya dan sempat memberikan nilai pada babak tematik untuk regu dari SMAN 1 Tamiang Layang. Dibabak penyisihan 3 merupakan perlombaan paling ketat selama babak penyisihan,dimana SMAN 1 Balai Riam unggul sangat tipis atas lawan-lawannya yaitu dengan 126 poin disusul tempat kedua SMAN 1 Kahayan Hilir  dan SMAN 1 Dusun Selatan masing-masing 125 poin.

Setelah jeda untuk istirahat makan siang lomba dilanjutkan kembali. Dibabak penyisihan 4, tampil sebagai juara MAN Sampit dengan 157 poin, ditempat kedua SMKN 1 Kotawaringin Lama dengan 117 poin dan tempat ketiga SMAN 1 Muara Teweh dengan 87 poin. Babak penyisihan 5, menghadirkan SMAN 1 Kuala Pembuang sebagai pemenang dengan 202 poin disusul regu dari tuan rumah yaitu SMAN 5 Palangka Raya ditempat kedua dengan 148 poin dan SMAN 1 Kapuas Barat ditempat ketiga dengan 116 poin.  Pada babak penyisihan terakhir atau penyisihan 6, terjadi persaingan yang ketat antara SMAN 2 Palangka Raya dengan MAN Selat Kuala Kapuas. Hingga soal terakhir dibacakan selisih kedua regu hanya terpaut 4 poin saja. Namun disoal terakhir SMAN 2 Palangka Raya dapat menambah 8 poin lagi untuk keluar sebagai juara dengan 175 poin disusul MAN Selat Kuala kapuas dengan 173 poin dan ditempat ketiga SMAN 1 Pangkalan Bun dengan 154 poin.

Dengan berakhirnya babak penyisihan ini maka sekolah yang akan tampil di babak semi final yaitu SMAN 1 Bulik, SMAN 2 Sampit, SMAN 1 Balai Riam, MAN Sampit, SMAN 1 Kuala Pembuang dan SMAN 2 Palangka Raya.

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (0)

Rekaman Live Streaming Pidato Bung Karno 1 Juni di Bengkulu