Jumat, 21/06/2013 07:02

Sekolah Dari Bumi Kartini Juara I LCC 4 Pilar Tingkat Jawa Tengah


MPR RI
(Humas MPR)

Sebuah perjalanan yang berat bagi SMAN 1 Jepara sebelum dirinya menjadi Juara I Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2013. Dalam babak penyisihan putaran pertama, SMAN 1 Jepara yang berada satu grup dengan SMA PGRI 1 Pati dan SMKN 7 Semarang, memang mampu menjadi juara grup namun diantara 6 sekolah yang berhasil menuju semifinal, SMAN 1 Jepara nilainya paling rendah, 140. Sedang nilai tertinggi adalah 184 yang diraih SMAN 1 Pati.

Nilai yang paling rendah itu rupanya tidak membuat SMAN 1 Jepara minder. Bisa jadi hal yang demikian justru menjadi pemacu untuk berlomba. Terbukti dalam semifinal ia meraih nilai tertinggi diantara semifinalis lainnya, nilai yang diraih 197. Sebagai Juara 1 Grup 1 dalam babak semifinal membuat SMAN 1 Jepara berhak maju di final. Di final SMAN 1 Jepara bertemu dengan SMAN 1 Slawi dan SMAN 1 Pati.

Sebagai sekolah-sekolah terbaik maka dalam final, perlombaan berlangsung seru. Saling pepet nilai terjadi. Dan akhirnya... SMAN 1 Jepara berhasil memenangi final itu. Dengan nilai 172, ia berhasil menyingkirkan SMAN 1 Slawi yang meraih nilai 167 dan SMAN 1 Pati yang mendapat nilai 157.

Kemenangan yang diraih SMAN 1 Jepara, menurut guru pembimbing, Alinda, karena persiapan yang dilakukan sudah sejak 1 tahun yang lalu. Di sekolah itu mempunyai kegiatan ekstrakurikuler yang bernama Forum Diskusi Ilmiah. Dalam forum itu dibentuk kader untuk mengikuti kegiatan debat dan lomba cerdas cermat. “Forum itu tidak hanya dibimbing oleh guru PKN namun juga guru sejarah bahkan alumni-alumni lomba debat maupun cerdas cermat ikut membantu,” ungkapnya. Tiga bulan sebelum lomba cerdas cermat tingkat karesidenan, tim yang dibentuk berlatih tiap hari sampai sore. “Anggota tim antusias sekali berlatih,” paparnya.

Diceritakan oleh alumni Jurusan PKN Universitas Negeri Semarang itu, tahun lalu, SMAN 1 Jepara menjadi Juara III Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Tingkat Jawa Tengah. Dari pengalaman tahun lalu ditambah mempelajari soal-soal yang sudah pernah dilombakan membuat anggota tim mendapat tambahan ilmu.

Dua minggu sebelum lomba tingkat provinsi, setiap sore, tim SMAN 1 Jepara membuat semacam simulasi lomba di mana para anggota tim dilatih untuk bersaing dengan temannya sendiri. Mereka ditest seperti audisi. Kerja keras itulah yang membuat SMAN 1 Jepara berhasil. Kemenangan yang diraih mendapat ganjaran trophy dan uang pembinaan sebesar Rp7 juta. Ketika ditanya persiapan mengikuti lomba tingkat nasional, Alinda mengatakan, “Kita akan membuat schedule latihan dan tentunya schedule-nya lebih berat.”

Kemenangan itu disambut ceria oleh anggota tim. ‘Luar biasa kesannya,” ujar Muhammad Rifqi Zuliansyah. “Allhamdulillah sudah berjuang dan berhasil menjadi yang terbaik,” tambahnya. “Di Jakarta Kami ingin menjadi juara nasional,” tegasnya. Apa yang disampaikan oleh Rifqi itu diiyakan oleh teman-temannya. Temannya ada yang mengatakan, “Mimpi menjadi kenyataan.” “Hanya tidur dua jam,” ujar yang lain, Temannya yang lain pun menimpali, “Latihan sampai sore.”

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (4)

Komentar Terkini

Rekaman Live Streaming Pidato Bung Karno 1 Juni di Bengkulu