Majelis Permusyawaratan Rakyat RI


Visi Sekretariat Jenderal MPR

Sekretariat Jenderal MPR RI yang merupakan lembaga Kesekretariatan Jenderal yang memberikan dukungan teknis, administrasi dan keahlian kepada Majelis sebagai lembaga Legislasi tentunya dalam menentukan visi dan misi dalam penyusunan Rencana Strategis harus sejalan dengan Visi dan Misi Lembaga MPR RI yang merupakan implementasi dari Program Visi dan Misi Presiden terpilih yang dijabarkan dalam Program Pembangunan Jangka Menengah Nasional (PJMN).

Tugas pokok dan fungsi kesekretariatan tertuang di dalam Peraturan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, sehingga dapat dijadikan pedoman penyusunan Rencana Strategis Sekretariat Jenderal untuk pencapaian tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek dalam memberikan layanan kepada MPR. Rencana Strategis merupakan pedoman pelaksanaan program yang terumuskan dalam jangka menengah 5 (lima) tahunan yang disesuaikan dengan jabatan kepresidenan dan disinkronkan dengan Program Visi dan Misi Presiden terpilih untuk mendukung program sebagai aparatur birokrasi. Untuk itu Sekretariat Jenderal MPR merumuskan visi dan misi dalam penyusunan Rencana Strategis 2015 – 2019 adalah :

Penggerak utama reformasi birokrasi dalam memberikan layanan internal kepada MPR dan alat kelengkapannya serta meningkatkan kualitas layanan publik MPR

Kata kunci pertama adalah penggerak utama reformasi birokrasi, dimana Setjen MPR RI harus mampu responsif dalam memberikan layanan terintegrasi. Hal ini berarti bahwa Setjen MPR RI harus proaktif dan tidak reaktif dalam memberikan layanan tersebut. Selain itu, kata kunci pertama ini juga bermakna bahwa Setjen MPR RI harus mampu menjadi konsultan internal sekaligus aktor perubahan utama dalam pelaksanaan reformasi birokrasi Setjen MPR RI. Hal ini berarti bahwa Setjen MPR RI harus mengetahui dan dapat menerapkan serta mempengaruhi seluruh elemen agar bersama-sama melakukan perubahan sesuai semangat reformasi birokrasi Setjen MPR RI.

Kata kunci kedua adalah layanan internal, dimana hal ini bermakna bahwa Setjen MPR RI memberikan layanan kepada seluruh pimpinan dan anggota MPR RI serta alat kelengkapan MPR RI. Layanan internal yang diberikan harus mampu membantu pimpinan dan anggota MPR RI serta alat kelengkapannya dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai amanat Undang-Undang.

Kata kunci ketiga adalah layanan publik MPR RI, dimana hal ini berarti bahwa Setjen MPR RI sebagai pelayan publik juga memiliki kewajiban dalam memberikan layanan publik yang berkualitas sesuai amanat Undang-Undang. Selain itu, peningkatan kualitas layanan publik juga perlu dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan agar masyarakat selalu mendapatkan layanan terbaik dari Setjen MPR RI sesuai tugas dan fungsinya.


Misi Sekretariat Jenderal MPR

Untuk mewujudkan visi organisasi, upaya yang akan dilaksanakan pada kurun waktu 5 (lima) tahun mendatang (2015-2019) adalah memberikan kontribusi nyata dalam dukungan layanan terhadap MPR RI sebagai kapasitas aparatur negara guna mewujudkan aparatur pemerintah yang baik, melalui:

MISI
Memberikan layanan prima kepada MPR dan alat kelengkapannya dalam melaksanakan tugas konstitusi.
Melaksanakan reformasi birokrasi Setjen MPR secara konsisten dan berkesinambungan.

Tujuan

Untuk merealisasikan Visi dan Misi Sekretariat Jenderal MPR RI, perlu dirumuskan tujuan dan sasaran-sasaran strategis tahun 2015- 2019 yang lebih jelas guna menggambarkan ukuran-ukuran terlaksananya misi dan tercapainya visi.

Tujuan strategis Sekretariat Jenderal MPR RI tahun 2015-2019 dirumuskan berdasarkan kualitas layanan dan sistem tata kelola yang diperlukan untuk menghasilkan layanan prima kepada Majelis dan alat Kelengkapannya sebagaimana dikehendaki dalam rumusan tujuan Sekretariat Jenderal MPR RI adalah sebagai berikut :

TUJUAN
Terwujudnya birokrasi yang efektif, efisien, serta akuntabel dengan layanan publik berkualitas.
Terwujudnya layanan internal yang profesional, proaktif, serta sesuai dengan kebutuhan MPR.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015