Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Berita Terkini Hadiri Diskusi Bicara Buku MPR, Mahyudin Bicarakan Seputar Pentingnya Pemimpin Bangsa Miliki Rasa Nasionalisme Dan Religius Yang Tinggi Ketua MPR Ingin Kemajuan Pendidikan Pesantren Merata Ketua MPR Sosialisasikan Empat Pilar Pada Nelayan Bertemu Delegasi Indonesia Muroja’ah, HNW Tekankan Peran Pemuda Penting Selamatkan Bonus Demografi Indonesia Hidayat Nur Wahid Lanjutkan Perjuangan Agus Salim Dan Mohammad Natsir Wakil Ketua MPR RI Mahyudin Menerima Puluhan Guru Dari Kutai Timur Sesjen MPR : Banyak Negara Ingin Menerapkan Sifat Gotong Royong Dan Tolong Menolong PENGUMUMAN Nomor 52/10/2018 TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) SEKRETARIAT JENDERAL MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2018 Ketua MPR: Pemilu Untuk Memilih Pemimpin Yang Terbaik Waspadai Kecurangan-Kecurangan Dalam Pemilu Rilis Seminar Guru Dihadiri Sesjen MPR Mahyudin : Kita Harus Punya Demokrasi Ala Indonesia Anggota MPR: Keragaman Suku, Budaya, Dan Agama Merupakan Kekuatan Persatuan Ketua MPR Bertemu Pelajar Islam Dan Mahasiswa Budhis Bahas Empat Pilar Sebagai Tokoh Muslim Dunia, Wakil Ketua MPR Hadiri Sidang Majelis Tertinggi Liga Dunia Islam Mahyudin : Di Tahun Politik, Waspadai Politik Adu Domba Mahyudin : Hati-Hati Menggunakan Medsos Dan Internet Mahyudin : Jangan Pilih Caleg Yang Menghamburkan Uang Saat Kampanye Ketua DPR Harap Lemkaji MPR Pecahkan Masalah Pembagian Dan Pemisahan Kekuasaan Mahyudin : Kita Butuh Keteladanan Dari Para Pemimpin
Selasa, 05 Desember 2017 - 14:25 |

HNW: Pancasila Menyatukan Keberagaman Indonesia

HNW: Pancasila Menyatukan Keberagaman Indonesia

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) saat memberi Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada warga Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, 4 Desember 2017, memaparkan kebesaran Indonesia dibanding dengan negara lain.

Disebutkan, negeri ini memiliki jumlah suku bangsa yang tidak kurang dari 1.257 etnis. Etnis tersebut memiliki bahasa daerah yang jumlahnya tak kurang dari 2.500 bahasa lokal. “Mereka tersebar di 17.000 pulau,” ujar HNW. Sebagai wilayah yang sangat luas, dari Sabang di Provinsi Aceh hingga Merauke di Papua, Indonesia memiliki 3 zona waktu, yakni Waktu Indonesia Bagian Barat, Waktu Indonesia Bagian Tengah, dan Waktu Indonesia Bagian Timur. “Hanya Indonesia dan Canada yang memiliki 3 zona waktu,” paparnya.

Luasnya Indonesia tersebut, menurut HNW, bila ditempuh perjalanan dari Sabang sampai Merauke memerlukan waktu delapan jam. “Waktu yang sama untuk menempuh penerbangan dari Jakarta, Indonesia; menuju ke Jedah, Arab Saudi,” paparnya.

Meski Indonesia memiliki keberagaman namun tetap bersatu padu dalam wadah NKRI. “Kita bersatu karena mempunyai pegangan bersama,” ungkapnya. Pegangan bersama itu telah disepakati yakni Pancasila. “Pegangan ini menjadi landasan yang kuat dalam berbangsa,” tambahnya.

HNW mengibaratkan dengan sebuah rumah dengan dasar yang kuat sehingga meski ada tsunami dan badai tak akan roboh, tetap kokoh. “Sekarang tinggal bagaimana kita melaksanakan Pancasila dengan baik dan benar,” ujarnya. “Dengan Pancasila kita tetap kokoh,” tambahnya.  

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015