Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Sabtu, 11 Februari 2017 - 12:35 |

Jelang Pilkada Serentak, Ketua MPR Harap KPU Berpihak Pada Merah Putih

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengimbau kepada penyelelenggara pemilu, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar melaksanakan 101 Pilkada provinsi, kabupaten, dan kota, dengan berpihak pada Merah Putih. Dalam Pilkada serentak ini KPU harus profesional, netral, jujur dan adil.

"Laksanakan Pilkada dengan profesional, dengan baik, jujur dan adil, karena yang berkontestasi, yang bertanding, seluruhnya adalah anak-anak bangsa," kata Zulkifli Hasan kepada pers di Club House Mahogany Residence, Depok, Jumat malam (10/2/2017). Di tempat ini Ketua MPR mengadakan serap aspirasi dan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada tokoh dan masyarakat Depok.

Pilkada serentak di 101 daerah ini sudah memasuki minggu tenang pada 12 Pebruari 2017. Pemungutan suara dilakukan pada 15 Februari 2017. "Pilkada adalah adu konsep dan adu gagasan yang terbaik. Oleh karena itu KPU harus netral, jujur dan adil," ujar Zulkifli Hasan.

Selain kepada KPU, Ketua MPR juga mengharapkan Bawaslu benar-benar melaksanakan tugas dengan baik melakukan pengawasan. "Juga aparat keamanan kita termasuk polisi. Polisi itu adalah polisi rakyat, polisi Merah Putih. Saya berharap dengan adanya polisi rakyat pun menjadi tenang. Suasana aman dan tertib sehingga Pilkada kita bisa terlaksana dengan baik," harapnya.

Sebagai Ketua MPR,  pengawal konstitusi dan pengawal kebhinnekaan, Zulkifli Hasan juga mengimbau rakyat agar datang pada tanggal 15 Februari nanti dan menggunakan hak pilihnya karena kedaulatan ada di tangan rakyat. "Pilihlah kandidat yang berwawasan kebangsaan," tuturnya.

Apa itu pemimpin berwawasan kebangsaan? "Yaitu pemimpin yang melayani, yang perilakunya disinari cahaya ilahi, memanusiakan manusia dengan adil dan beradab, yang bermusyawarah mufakat, dan setelah terpilih, dia menjadi pemimpin untuk semua, yang memilihnya atau tidak memilihnya. Itulah pemimpin yang disebut Pancasilais. Sehingga yang menang dalam Pilkada adalah rakyat," katanya.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015