Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Selasa, 08 Agustus 2017 - 19:10 |

Ketua MPR: Demokrasi Pancasila Adalah Penghargaan Terhadap Kemanusiaan

Ketua MPR: Demokrasi Pancasila Adalah Penghargaan Terhadap Kemanusiaan

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya memahami Demokrasi Pancasila secara menyeluruh. Menurutnya, nilai nilai Demokrasi di Indonesia mengutamakan kemanusiaan dan musyawarah. 

"Demokrasi bagi bangsa Indonesia bukan hanya tentang kebebasan. Lebih jauh dari itu Demokrasi Pancasila adalah implementasi penghargaan terhadap kemanusiaan." 

Hal ini disampaikan Zulkifli Hasan saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di hadapan Pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah Perti) Aceh di Kabupaten Aceh Besar, Selasa (8/8). 

Karena itu, sebagai Ketua MPR ia menolak tegas jika ada Kepala daerah yang sewenang wenang mengusir atau menggusur rakyatnya. 

"Ini rakyat sendiri dan bukan musuh. Jangan asal main gusur tapi ajak musyawarah bicara dari hati ke hati. Berikan ganti untung yang proporsional. 

Demokrasi Pancasila juga mengamanatkan negara harus hadir bila ada masalah di masyarakat. "Bila ada rakyat lapar maka negara harus hadir karena berpihak pada rakyat adalah amanat Pancasila," tambahnya.

Bila nilai Pancasila berupa penghargaan kemanusiaan itu hidup di tengah masyarakat, maka akan timbul sikap saling percaya. 

"Kemajuan dicapai ketika timbul saling percaya. Rakyat percaya pemerintahnya dan pemerintah pun tidak curiga pada rakyatnya," tutup Zulkifli. 

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015