Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Senin, 03 Desember 2018 - 17:15 |

Ketua MPR Menerima Audiensi Persatuan Dokter Hewan Indonesia

Ketua MPR Menerima Audiensi Persatuan Dokter Hewan Indonesia

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima kunjungan Pengurus Besar Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Ketua MPR, Gedung Nusantara III lantai 9, Kompleks MPR, DPR dan DPD RI, Senin (3/12). Delegasi PB. PDHI dipimpin Ketuanya drh. H. Muhammad Munawaroh MM. 

Kepada Zulkifli Hasan, Ketua Umum PB PDHI menyampaikan kekhawatiran lembaganya terkait persoalan kesehatan hewan. Pasalnya  perhatian negara terhadap masalah kesehatan hewan masih sangat minim. Padahal, ancaman yang ditimbulkan dari penyakit hewan   sangat berbahaya,   dapat menular dan memakan korban manusia. 

“Ancaman penyakit flu burung dan rabies, misalanya itu  sangat berbahaya. Sudah banyak korban meninggal akibat terkena serangan ini. Banyak juga korban yang telah menghabiskan materi agar sembuh dari penyakit akibat flu burung dan rabies. Tetapi perhatian negara terhadap penyakit itu masih sangat kurang”, kata Munawaroh menambahkan. 

Tidak hanya sampai disitu, hubungan struktural  antara pemerintah pusat dan daerah juga belum terjalin dengan baik. Ini terjadi, salah satunya  sebagai  akibat   munculnya otonomi daerah.  Sehingga banyak kasus   tidak bisa segera ditangani, karena dokter-dokter hewan di daerah hanya mau menurut kepada atasannya di daerah saja. 

Karena itu, Munawaroh meminta dukungan kepada ketua MPR,  supaya   bisa segera  melahirkan   sebuah lembaga yang memiliki kewenangan dalam melakukan tindakan terkait kesehatan hewan. Misalnya saja menyatakan situasi bahaya menyangkut penyakit hewan tertentu. 

“Sebaiknya lembaga seperti ini, langsung berada  di bawah Presiden. Agar bisa menyatakan dan bertindak menghadapi kegentingan tertentu”, kata Muhawaroh lagi. 

Selain itu, Munawaroh juga menyampaikan pentingnya sejumlah UU yang berkaitan dengan persoalan kesehatan hewan. Antara lain UU tentang kesejahteraan hewan dan UU tentang Dokter Hewan. Karena sampai sekarang,  UU   itu belum ada. Padahal keberadaannya sangat penting dan dibutuhkan. 

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua MPR turut menyampaikan rasa prihatin.   Zulkifli Hasan  mendorong agar PDHI segera mengadakan seminar, menyangkut problematikan kesehatan hewan di Indonesia. 

“Hasil seminar itu segera dirumuskan dan disampaikan kepada pemerintah dan DPR untuk  ditindak lanjuti, agar persoalan kesehatan hewan, ini bisa segera mendapat perhatian”, kata Ketua MPR menambahkan.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015