Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Sabtu, 14 April 2018 - 17:40 |

Mahyudin : Pancasila Adalah Buah Pengorbanan Umat Islam

Mahyudin : Pancasila Adalah Buah Pengorbanan Umat Islam

Dihadapan ribuan warga Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Mahyudin, St, MM, menyatakan, Pancasila merupakan buah pengorbanan umat Islam bagi bangsa dan negara Indonesia. Karena sebelumnya, sila pertama Pancasila, itu berbunyi  ketuhanan yang maha esa, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya. 

Tetapi, bunyi sila pertama itu ditentang masyarakat Indonesia timur. Mereka beralasan sila tersebut tidak sesuai dengan kondisi masyarakat di Indonesia timur. Dikhawatirkan, kalau dipertahanan, masyarakat Indonesia timur akan memisahkan diri dari Republik Indonesia. 

Pernyataan itu disampaikan Wakil  Ketua MPR RI, Dr. H.   Mahyudin, St, MM, saat menghadiri perayaan Maulid akbar Nabi Besar Muhammad SAW, yang dilaksanakan Majelis Maulid Watta’lim Raudhatussalaf, Pasuruan Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung di sekretariat Majelis Maulid Watta’lim Raudhatussalaf Jl. Hiu 273, Utara Masjid Agung Bendomungal, Bangil, Jawa Timur, Sabtu (14/4). Ikut hadir pada acara tersebut pengasuh Majelis Maulid Watta’lim Raudhatussalaf Habib  Umar Abdullah Ahssegaf, Maulana syekh Afeefuddin Abdul Qodir Jaelani beserta habaib dan ribuan anggota masyarakat. 

Mendapati kondisi tersebut sejumlah alim ulama berkumpul, berpikir dan beristikhoroh, hingga akhirnya mereka mengalah, semata-mata demi keutuhan NKRI. 

“Pancasila adalah buah keihklasan umat Islam, yang mau mengalah, meski jumlahnya mayoritas”, kata Mahyudin menambahkan. 

Karena kemauan mengalah, itulah hingga kini bangsa Indonesia tetap memiliki Pancasila, yang mampu mengayomi seluruh agama yang diakui di Indonesia.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015