Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Minggu, 06 Agustus 2017 - 18:58 |

Sosialisasi Empat Pilar Lewat Pagelaran Wayang Orang

Sosialisasi Empat Pilar Lewat Pagelaran Wayang Orang

Langkah strategis telah dilakukan MPR RI adalah dengan mensosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode yang tepat sesuai dengan sasaran dengan telah ditentukan, seperti pagelaran seni budaya asli bangsa Indonesia.

Karena Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) merupakan kegiatan MPR untuk melaksanakan perintah UU yaitu UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menugaskan Pimpinan MPR untuk menyosialisasikan Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Salah satu metode sosialisasi yang di laksanakan MPR melalui pagelaran seni budaya yang merupakan media yang tepat dan efektif untuk mendapatkan masukan dari masyarakat serta menyebut pagelaran yang dilaksanakan di Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten ini adalah yang pertama kali diadakan oleh MPR melalui seni budaya wayang orang, ujar Hidayat. 

Dengan pagelaran seni budaya ini, menurut Wakil Ketua MPR RI Dr. Hidayat Nur Wahid MA., MPR telah melakukan dua hal yaitu mengadakan pagelaran seni budaya menjadi bagian dari sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan mendukung pelestarian seni budaya di seluruh tanah air, maka MPR ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan luhur agar para generasi muda Indonesia lebih mencintai budayanya sendiri."

Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar pada acara Pagelaran seni budaya Wayang Orang dengan lakon “Arjuna Kembar” yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan Panitia Festival Sojiwan di Kebondalem Kidul, Prambanan Klaten, Jawa Tengah, Sabtu malam (5/8/2017). 

Selain Hidayat Nur Wahid, pagelaran wayang ini juga dihadiri oleh anggota MPR di antaranya Dr. H.Sukamta (Fraksi PKS), Ir. H. Cholid Mahmud ST., MT. (Kelompok DPD di MPR RI), Siti Fauziah SE, MM. (Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI), Muhammad Rizal SH, MSi. ((Kepala Biro Pimpinan MPR RI), Kepala RRI Surakarta, Suyono, Forkompinda Kabupaten Klaten, Prof. Dr. Timbul Haryono (Tokoh Masyarakat Prambanan) dan disaksikan oleh ratusan masyarakat yang datang dari berbagai pelosok sekitar kabupaten Klaten. Yang sangat antusias menyaksikan pertunjukan Wayang ini.

Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI Siti Fauziah SE, MM. saat menyampaikan sambutannya mengatakan pagelaran wayang orang ini adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat  Pilar MPR RI. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Disampaikan juga bahwa pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar tontonan namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini termasuk kepada awak media.

Hiburan malam ini tak hanya menghibur tapi dengan pertunjukan wayang orang ini berharap bisa lebih mendekatkan lagi seni budaya asli Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa kita di mata dunia selama ini  pada masyarakat, ujarnya.- JAS

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015