Majelis Permusyawaratan Rakyat RI
Minggu, 12 Februari 2017 - 11:50 |

Wakil Ketua MPR: Perlu Melibatkan Masyarakat Untuk Mengawasi Pilkada

Wakil Ketua MPR: Perlu Melibatkan Masyarakat Untuk Mengawasi Pilkada

Di hadapan jajaran pemerintahan Kota Singkawang, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan yang berkumpul di Gedung Walikota Singkawang, Kalimantan Barat, 12 Februari 2017, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan dirinya yakin pelaksana pemilu dan aparat keamanan bisa melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2017 dengan baik. "Kita berharap pelaksanaan pilkada tidak buruk," ujarnya.

Diungkapkan pilkada lahir dari pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi yang merupakan kedaulatan rakyat. "Kita mengabdi pada negara bukan orang," ujarnya. "Kita harus mengabdi pada Empat Pilar MPR," tambahnya. Oesman Sapta mengharap masyarakat jangan menanggapi apa yang disampaikan oleh para tim sukses atau sayap-sayap politik. "Perlu ditanggapi atau diawasi adalah proses penyelenggaraan pilkada," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oesman Sapta mengharap agar pelaksanaan Pilkada di Kota Singkawang bisa terlaksana dengan baik. "Mudah-mudahan menjadi terbaik di Indonesia," katanya.

Ditegaskan, perlu kerja sama yang baik dari semua pihak. Disebut dukungan aparat keamanan sangat diperlukan agar suasana tetap menjadi kondusif dan tentram. "Serahkan masalah keamanan pada aparat," ujarnya. Meski demikian ditegaskan agar aparat tidak mempunyai kepentingan politik .

Tak hanya itu, Oesman Sapta juga mengharap agar media mempunyai peran dalam Pilkada. Media harus mempunyai peran yang besar. "Tapi media harus yang bermoral dan tak memihak," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, mengharap selain Panwaslu, pengawasan Pilkada juga memerlukan partisipasi masyarakat. "Perlu melibatkan masyarakat luas dalam pengawasan Pilkada," ujarnya.

Dalam kunjungan kerja ke Kota Singkawang, Oesman Sapta melakukan peninjauan ke kantor penyelenggara pemilu dan tempat coblosan.

Sampaikan Komentar Anda

Hak Cipta © Sekretariat Jendral MPR RI 2015