image

BRI salurkan kredit UMKM, Wakil Ketua MPR apresiasi program BRI

Jumat, 29 Oktober 2021 09:09 WIB

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan mengapresiasi langkah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang menyalurkan kredit secara konsolidasi untuk membantu UMKM. Pasalnya, UMKM masih kesulitan bertumbuh karena tekanan Pandemi Covid-19 yang berefek pada sektor ekonomi.

Memang, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyalurkan kredit secara konsolidasi kepada UMKM yang besarannya mencapai Rp1.026 Triliun. Jumlah ini tumbuh 9,74 persen secara year on year (yoy) hingga kuartal III-2021. Raihan kredit BRI ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit perbankan nasional yang hanya sebesar 2,21 persen.

Syarief Hasan menilai, program kredit yang disalurkan oleh bank BUMN ini dapat menjadi tambahan modal para pelaku UMKM untuk menormalkan usaha mereka. “Kondisi pemasukan UMKM yang berkurang selama masa Pandemi Covid-19 akan berangsung pulih kembali dengan adanya program kredit dari Bank BRI yang dapat dijadikan sebagai modal tambahan UMKM.”, dukung Syarief.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menganggap bahwa UMKM merupakan tulang punggung dan penyanggah utama ekonomi Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa UMKM berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja sampai 97%. “Jika UMKM ini cepat diperhatikan, maka akan sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat.”, ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan juga menganggap langkah Bank BRI melalui program Kredit BRI ini dapat menjadi preseden baik bagi pemulihan ekonomi nasional. “Langkah bagus ini dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penanggulangan Pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang sedang dijalankan oleh Pemerintah.”, ungkap Syarief Hasan.

Ia pun berharap agar program kredit BRI ini dapat tersalurkan dengan baik kepada para pelaku UMKM. “Banyak pelaku UMKM yang harus tutup sementara ataupun permanen karena tidak memiliki modal lagi. Semoga program kredit BRI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerah-daerah. Sehingga akan tumbuh UMKM dan usaha-usaha kreatif dari masyarakat yang dapat menguatkan perekonomian nasional”, harap Syarief Hasan.

Politisi Senior Partai Demokrat ini juga mendorong agar K/L dan Bank BUMN lain juga dapat turut aktif dalam membantu menumbuhkan kembali UMKM. “UMKM harus segera dibantu agar dapat segera hidup kembali. Semua K/L dan Perbankan Nasional harus memberikan prioritas kepada UMKM di setiap kebijakan-kebijakannya. UMKM Tumbuh, Ekonomi Tumbuh!”, tutup Syarief Hasan.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.