image

Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga Menembak Indonesia

Minggu, 22 Mei 2022 15:15 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Warga Kehormatan Angkatan Udara dan penerima brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 dari TNI Angkatan Udara (AU) turut serta dalam Kejuaraan Nasional Menembak KASAU Cup 2022. Sekaligus mengapresiasi prestasi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang mendapat penghargaan Medali Legion of Merit dari pemerintah Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut dikalungkan oleh KASAU Amerika Serikat Jenderal Charles Q. Brown Jr., di Joint Base Anacostia Bolling, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (19/5/22). Sebagai penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat atas jasa, prestasi dan pengabdian KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang telah memberikan sumbangsih luar biasa dalam mempererat hubungan Angkatan Udara Indonesia dengan Angkatan Udara AS sebagai bagian dari upaya memelihara perdamaian kawasan Indo Pasifik.

"Kejurnas Menembak KASAU Cup 2022 diselenggarakan dalam rangkaian HUT ke-76 TNI AU. Sebagai event tahunan yang diinisiasi KASAU untuk mendidik para atlet tembak menjadi pribadi yang sportif, cermat, fokus, berkonsentrasi tinggi, serta memiliki kesabaran serta ketenangan. Melalui KASAU CUP 2022, diharapkan juga bisa mempererat tali silaturahmi antar keluarga besar TNI AU, sehingga bisa meningkatkan semangat kerja dan profesionalitas," ujar Bamsoet usai mengikuti Kejurnas Menembak KASAU Cup 2022, di Lapangan Tembak Djamsuri Wing Komando I Kopasgat Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (22/5/22).

Turut hadir antara lain, mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasau Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, Dankor Brimob Irjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Suhartono, Mantan Wakapolri Komjen Pol (P) Nanan Soekarna dan Ketua Umum Perbakin yang juga Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS), TNI Letjen Joni Supriyanto.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Kejurnas menembak KASAU Cup 2022 berlangsung dari 17 sampai 22 Mei 2022. Diselenggarakan serempak di tiga tempat yaitu Jakarta (lapangan tembak Djamsuri Wing I Kopasgat dan Lapangan tembak Senayan), Bandung (Lapangan tembak Mako Kopasgat) dan Jayapura (Lapangan tembak Lanud Silas Papare).

"Kejuaraan terdiri dari dua segmen, Lomba Tembak Antar Satuan TNI AU dan Tembak Terbuka (Open Tournament). Untuk Lomba Tembak Antar Satuan TNI AU, terdiri dari kelas nomor pistol 20m, 25m, Duel Falling Plate, senapan 100 m ring target, International Practical Shooting Confederation (IPSC) & Non IPSC, Action Air (AA) IPSC dan Non AA IPSC, serta Metal Silhouette," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Penasehat PERBAKIN serta Ketua Umum Pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri Indonesia (PERIKHSA) ini menambahkan, untuk Lomba Tembak Terbuka (Open Tournament) meliputi nomor pistol 20m, 25m, senapan 100m silhouette standar, 100m silhouette open, senapan 400m tactical prone, Airforce style pistol man and women, IPSC dan Non IPSC, AA IPSC dan Non AA IPSC, serta Metal Silhouette.

"Keikutsertaan institusi TNI dalam penyelenggaraan kejuaraan menembak sangat relevan. Bahkan jika perlu institusi negara lainnya seperti kementerian dan lembaga juga perlu ikut serta. Tidak menutup kemungkinan juga peran dari swasta. Semakin banyak yang memasyarakatkan olahraga menembak, akan semakin bagus bagi peningkatan prestasi olahraga menembak di Tanah Air. Sekaligus menunjukan semangat gotong royong bangsa dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.