image

Bamsoet Dukung Pembangunan Sirkuit Balap di Kalimantan Timur

Selasa, 18 Oktober 2022 16:50 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Gokkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terbentuknya kepengurusan IMI Kalimantan Timur yang dipimpin Ketua Narto Bulang. Berkolaborasi dengan Ketua Harian Juniar Rizal, semangat IMI Kalimantan Timur dalam memajukan olahraga balap sangat luar biasa. Salah satunya ditunjukan oleh Ketua Harian Juniar Rizal yang sejak tahun 2018 telah menghibahkan lahan miliknya di Kampung Samburakat seluas 12 hektar kepada Pemkab Berau. Diperuntukan bagi pembangunan sirkuit balap untuk motocross, grasstrack, road race, drag race, drag bike, hingga gokart.

"Pemkab Berau harus menyambut niat baik tersebut, dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sirkuit. Begitupun dengan pelaku usaha di Berau, khususnya pelaku usaha pertambangan seperti Berau Coal, harus turut berkontribusi memajukan olahraga balap dengan memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung pembangunan sirkuit. Karena tanpa keberadaan sirkuit, tidak mungkin atlet balap bisa meningkatkan kemampuannya untuk mengharumkan nama Indonesia," ujar Bamsoet usai menerima pengurus IMI Kalimantan Timur, di Jakarta, Selasa (18/10/22).

Pengurus Provinsi IMI Kalimantan Timur yang hadir antara lain, Ketua Narto Bulang, Ketua Harian Juniar Rizal, Sekretaris Simeon, Ketua Bidang Organisasi Said Fuad Assegaf, Ketua Bidang Teknikal Fahrurrozi, Ketua Bidang Pariwisata Hendrawan, Ketua Korwil Kabupaten Berau Noviar, Ketua Korwil Kabupaten Penajam Paser Utara Alam, dan Ketua Korwil Kabupaten Paser Zoel.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini juga mendukung langkah Pemkab Paser dengan dukungan IMI Kalimantan Timur yang sedang mempersiapkan pembangunan sirkuit balap di Kabupaten Paser. Sehingga bisa menyalurkan hobi balap generasi muda, agar tidak lagi melakukan balap liar di jalan raya, sebagaimana yang selama ini sering terjadi.

"Selain memanfaatkan APBD, pembangunan sirkuit juga bisa bekerjasama dengan perusahaan di sekitar Kabupaten Paser, agar menyalurkan CSR-nya kedalam pembangunan sirkuit. Keberadaan sirkuit bukan hanya untuk meningkatkan prestasi atlet, namun juga bisa menjadi sport automotive tourism yang memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat sekitar," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, tidak hanya melengkapi kepengurusan di tingkat provinsi, IMI Kalimantan Timur juga telah menyempurnakan kepengurusan dengan membentuk koordinator wilayah di 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. Menjadi contoh baik bagi pengurus IMI di berbagai provinsi lainnya untuk segera menyempurnakan kepengurusan hingga tingkat Koordinator Wilayah di seluruh kabupaten/kota.

"Dengan soliditas tinggi, IMI Kalimantan Timur kini sedang mempersiapkan diri mensukseskan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur pada 12-23 November 2022. Sekaligus mempersiapkan diri agar pada tahun 2023 nanti bisa menyelenggarakan berbagai Kejuaraan Nasional seperti road race, grasstrack, drag bike, drag race, slalom, dan lainnya," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.