image

Bamsoet Dukung Turing Internasional Camel Trophy Indonesia Land Rover Sumatra Tribute

Jumat, 14 Januari 2022 19:28 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung kegiatan Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute yang telah tiga kali tertunda akibat pandemi Covid-19, bisa segera diselenggarakan pada 6-22 Februari 2022. Diikuti komunitas Land Rover dari berbagai wilayah, menggunakan sekitar 55 mobil Land Rover dengan kurang lebih 200 peserta.

Selama lebih kurang 16 hari, para peserta akan melakukan napak tilas perjalanan kelompok pertama Land Rover Indonesia pada tahun 1981. Menyusuri hutan belantara Sumatera, dari mulai start di Jambi, menuju Sumatera Barat, Riau, hingga finish di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Saya akan melepas para peserta Sumatra Tribute 2022 sekaligus meresmikan tugu Sumatra Tribute pada 6 Februari 2022 di Jambi. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan menerima para peserta di garis finish kawasan Danau Toba pada 22 Februari 2022," ujar Bamsoet usai menerima pengurus Land Rover Club Indonesia (LRCI) sekaligus panitia Sumatra Tribute, di Jakarta, Jumat (14/1/22).

Pengurus LRCI sekaligus panitia Sumatra Tribute antara lain Pembina Rahadian, Bendahara James Budiono, Wakil Sekjen Hendro Soebyanto, Direktur Pelaksanaan Sumatera Tribute Fion Kamil, dan Operasional Sumatera Tribute Mardi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, perjalanan Sumatra Tribute akan ditempuh dalam dua Leg. Pada Leg 1 menempuh rute Jambi - Sumatera Barat - Riau dengan jarak tempuh mencapai 173 Km dan lama perjalanan sekitar 8 hari. Dilanjutkan Leg 2 rute Riau - Sumatera Utara, dengan jarak On Road mencapai 600 Km.

"Di Leg 1 rute Jambi - Sumatera Barat - Riau, peserta yang start dari Jambi akan menuju Taman Nasional Bukit Dua Belas, dengan jarak tempuh mencapai 95 Km dan memakan waktu perjalanan selama lebih kurang 3 hari. Dalam rute tersebut, para peserta akan melakukan penyeberangan di Sei Anak Batanghari. Sekaligus melakukan kegiatan Peduli Pendidikan dengan memberikan bantuan paket perlengkapan sekolah untuk anak sekolah di berbagai desa yang dilalui, serta melakukan bakti sosial dengan memberikan bibit Jernang kepada Suku Anak Dalam, agar dibudidayakan sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat ekonomi yang tinggi," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, dari Taman Nasional Bukit Dua Belas, para peserta melanjutkan perjalanan menuju daerah Sitiung, di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menempuh perjalanan sekitar 36 Km dengan lama waktu 2 hari perjalanan. Dilanjutkan menuju Tugu Equator di Riau dengan menempuh perjalanan 43 Km dengan lama waktu 3 hari perjalanan.

"Para peserta akan finish di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 22 Februari 2022. Mereka akan terlibat dalam Toba Geotage Challenge. Mengunjungi 16 spot desinasi wisata Geopark di kawasan Danau Toba, sekaligus memberitakan kepada dunia melalui masing-masing akun media sosial para peserta dengan hastag #TOBAINDONESIA," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.