image

Bamsoet Optimistis Vespa World Days 2022 Bantu Pemulihan Ekonomi Masyarakat Bali

Sabtu, 11 Juni 2022 05:59 WIB

BALI - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keikutsertaan 8.600 peserta dari 16 negara yang telah memeriahkan Vespa World Days 2022 yang diselenggarakan di Peninsula Island, Bali, pada 9-12 Juni 2022. Selain merekatkan soliditas para pecinta Vespa dari berbagai negara, juga membantu pemulihan ekonomi masyarakat Bali.

Setelah riding menggunakan Vespa berwarna kuning dari Krisna Oleh-Oleh By Pass, Bamsoet bersama Wakil Ketua Komunikasi dan Media IMI Pusat Atta Halilintar serta rombongan lainnya juga membeli berbagai produk UMKM yang berada di lokasi Vespa World Days 2022. Antara lain topi, jaket, kaos, hingga sarung tangan.

"Keterlibatan pelaku UMKM dalam Vespa World Days 2022 selain membantu meningkatkan daya saing, juga membantu pemasaran produk mereka agar bisa semakin dikenal dunia. Mengingat kualitas produk yang dihasilkan sangat bagus, tidak kalah hebat dibandingkan brand ternama lainnya," ujar Bamsoet usai mengunjungi berbagai booth UMKM sekaligus menyapa para komunitas Vespa dari berbagai negara yang hadir di Vespa World Days 2022, di Peninsula Island, Bali, Jumat (10/6/22).

Turut hadir antara lain, Managing Director and Country CEO Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega, Vespa World Club Former President Martin Stift, Ketua IMI Bali Ajik Krisna, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Hadir pula para pengurus IMI Pusat, antara lain Dewan Penasehat IMI Komjen Pol (P) Nanan Soekarna, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Komisi Sosial George Alexander, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, Komisi Balap Motor Agoes Hadsoe, serta Komunikasi dan Media Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, berdasarkan laporan PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Vespa di Indonesia, komunitas penggemar Vespa di Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia, setelah Italia yang menjadi negara asal Vespa. Besarnya kecintaan masyarakat Indonesia terhadap Vespa terlihat dari data yang disampaikan Vespa Club Indonesia yang mencatat sepanjang tahun 1949 hingga 2013 saja, vespa klasik yang berada di Indonesia sudah mencapai 890 ribu unit.

"Penyelenggaraan Vespa World Days 2022 adalah sebuah titik balik, setelah lebih dari dua tahun Indonesia dan penduduk dunia lainnya bergelut dengan pandemi Covid-19. Sekaligus menegaskan bahwa sektor pariwisata menjadi titik tumpu kita untuk bangkit dari keterpurukan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, di Indonesia, dampak pandemi dirasakan oleh lebih dari 34 juta orang yang bekerja pada sektor pariwisata dan sub-sektor terkait lainnya. Patut disyukuri pada bulan Januari 2022 yang lalu, pertumbuhan pariwisata global tercatat mencapai kenaikan hingga 130 persen dibandingkan tahun 2021.

"Oleh karena itu, tren positif pertumbuhan pariwisata saat ini, harus kita optimalkan sebaik-baiknya sebagai momentum kebangkitan dan pemulihan perekonomian nasional pasca pandemi. Penyelenggaraan acara Vespa World Days 2022 adalah bagian dari upaya kita untuk menangkap momentum kebangkitan tersebut," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.