image

Bamsoet Sabet Juara III Kejuaraan Menembak 'Skill and Challenge Menkumham Cup 2021'

Jumat, 15 Oktober 2021 19:29 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Badan Penasihat Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PERBAKIN) mengapresiasi penyelenggaraan Kejuaraan Menembak 'Skill and Challenge Menkumham Cup 2021', yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM sebagai rangkaian peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021. Setiap Kantor Wilayah Kumham dari berbagai daerah terlebih dahulu sudah melakukan turnamen di wilayah masing-masing. Pemenangnya akan mewakili Kantor Wilayah tersebut dalam ajang Menkumham Cup 2021.

"Kejuaraan ini juga bisa mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar pegawai dari berbagai Kantor Wilayah Kumham. Sehingga bisa meningkatkan semangat kerja dan profesionalitas. Terlebih olahraga menembak sangat cocok ditekuni oleh pegawai Kumham. Selain untuk persiapan membela diri jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mengingat pekerjaan mereka dalam menjaga narapidana penuh dengan resiko yang tidak terduga, juga bisa mengasah kemampuan fokus dan ketenangan pegawai Kumham," ujar Bamsoet usai menghadiri pembukaan Kejuaraan Menembak 'Skill and Challenge Menkumham Cup 2021', di Lapangan Tembak Yasonna H. Laoly, Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Jumat (15/10/21).

Dalam Kejuaran Menembak Skill and Challenge Menkumham Cup 2021, Bamsoet berhasil menyabet juara III menyusul Dankormar TNI AL Mayjend (Mar) Suhartono juara I dan Wadankormar Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi juara II Kelas Eksekutif.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus Ketua Umum Pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri Indonesia (PERIKHSA) ini menjelaskan, dalam setiap kejuaraan pasti ada kalah dan menang. Bagi yang menang patut diberikan apresiasi. Bagi yang belum beruntung, bisa menjadikan kekalahan sebagai pembelajaran dan evaluasi untuk pertandingan selanjutnya, 

"Sebagaimana pesan pepatah, 'Jika ada yang salah, perbaiki. Jika gagal, coba lagi'. Tetapi jangan menyerah, karena menyerah adalah akhir dari segalanya. Disitulah inti dari olahraga, siap menang, juga siap kalah. Lebih dari itu, olahraga mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi sportifitas dan fairplay," jelas Bamsoet. 

Mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum & Keamanan DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, prestasi keluarga besar Kumham dalam berbagai kejuaraan menembak terbilang bagus. Bahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pernah menjadi juara 2 kategori pistol eksekutif dan lomba tembak jarak 400 meter, dalam kejuaraan menembak Baladika Open Championships 2020, yang diselenggarakan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada November 2020.

"Atas kecintaannya terhadap olahraga menembak, Menkumham sampai menyulap area branggang di Lapas Klas IIA Narkotika Jakarta menjadi arena lapangan tembak. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan petugas Kumham dalam menggunakan senjata api, sekaligus memastikan perawatan senjata-senjata yang ada di lapas dapat dirawat dengan baik," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.