image

Bertemu Mahasiswa Gorontalo di Sulawesi Selatan, Fadel Muhammad Berbagi Pengalaman Hidup dan Motivasi

Selasa, 31 Januari 2023 16:55 WIB

Makassar - Di sela-sela kegiatan dalam rangka rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Selatan, di hari terakhir, Selasa (31/1/2023), Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad menyempatkan diri bersilaturahmi dengan pelajar dan mahasiswa asal Gorontalo di Kota Makassar yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG).

Acara yang dihadiri sekitar 25 mahasiswa dan digelar di RM New Aroma Labakkang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini dimanfaatkan mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini, berbagi pengalaman hidup dan memberi motivasi kepada generasi muda Gorontalo untuk untuk meningkatkan potensi diri.

Di paparan awalnya, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Provinsi Gorontalo ini menyampaikan bahwa Gorontalo memang tidak seperti Makassar, Pulau Jawa atau kota dan pulau-pulau besar lainnya. Namun, peluang untuk mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah, menurut Fadel Muhammad, masih sangat besar.

"Jika kalian jeli melihat peluang itu, maka kalian akan mampu menggali potensi kalian sampai maksimal untuk kesejahteraan kalian sendiri dan mampu berkontribusi buat kemajuan Gorontalo.  Untuk itu kalian harus belajar dengan tekun, raih prestasi, lihat peluang yang ada, kembali ke Gorontalo berikan sumbangsih kalian di sana," ujarnya.

Diutarakan Fadel Muhammad, berkontribusi untuk Gorontalo harus menjadi semangat seluruh masyarakat baik tua atau muda.  Sebagai warga Gorontalo, dirinya saja sampai saat ini masih berupaya sekuat tenaga, memberikan sumbangsih kepada daerah. Contohnya, Fadel Muhammad saat ini aktif berkiprah di Paguyuban Lamahu (organisasi yang menghimpun masyarakat Gorontalo diperantauan) sebagai Ketua Umum.

"Saya diminta untuk menjadi Ketum Lamahu, padahal saya sudah tua. Tapi saya pikir ini untuk kepentingan rakyat, saya bersedia.  Di situlah saya berkarya dan berkiprah antara lain, mengembangkan program-program termasuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) , program beasiswa untuk mereka yang mau sekolah tapi tidak mampu dan sekarang, kita lagi giat-giatnya melakukan promosi kebudayaan Gorontalo secara nasional," terang Fadel.

Kegiatan promosi kebudayaan  yang terbaru, lanjut Fadel, adalah Festival Budaya Betawi dan Gorontalo tahun 2022 lalu.  Festival ini dilaksanakan di DKI Jakarta dan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan waktu itu.  Festival kemudian dilanjutkan di Gorontalo.

"Dengan kegiatan itu, masyarakat luas menjadi kenal dengan budaya Gorontalo dan Betawi ternyata dua budaya ini memiliki akar budaya yang sama yakni Melayu. Festival ini, ke depan akan terus dikembangkan kualitasnya dan diperluas kalau bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri," tambahnya.

Di kesempatan itu, Fadel Muhammad juga menyampaikan bahwa pelajar dan mahasiswa di luar Gorontalo juga harus concern pada perkembangan kepemimpinan daerah.  Gorontalo saat ini, membutuhkan pemimpin pilihan rakyat yang mampu membawa Gorontalo menjadi Provinsi besar dan mampu memberikan kesejahteraan  kepada seluruh rakyatnya.

"Tidak lama lagi tepatnya Tahun 2024, Indonesia akan menggelar Pemilu Serentak 2024. Pilkada serentak untuk memilih kepala daerah sendiri akan diselenggarakan bulan November 2024.  Untuk itu, kalian harus bijak memilih.  Mulai dari sekarang kalian harus jeli melihat kriteria pemimpin daerah yang bagus dan lakukan edukasi juga kepada masyarakat," ungkap Fadel Muhammad.

Kepada para mahasiswa, Fadel Muhammad menyampaikan beberapa kriteria calon pemimpin daerah yang baik. "Dari pengalaman saya menjabat Gubernur Gorontalo selama dua periode, ada beberapa hal yang bisa menjadi patokan kriteria calon pemimpin yang baik. Pertama, memiliki kemauan dan kemampuan membuat terobosan-terobosan. Kedua, keberanian membuat inovasi-inovasi baru dan yang ketiga, dia harus memiliki network yang kuat ditingkat nasional," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD