image

Buka 'Serbuan Vaksinasi' BAIS TNI, Bamsoet Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19

Senin, 12 Juli 2021 12:26 WIB

 

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Badan Intelejen Strategis TNI (BAIS TNI) yang bekerjasama dengan PT Rhemedika Mustika Sejahtera dibawah kepemimpinan dr. Rheza Maulana S., Bmed.Sc (Hons), MM, MARS, melakukan kegiatan vaksinasi massal 'Serbuan Vaksinasi'. Selain menyasar kelompok usia dewasa, target vaksinasi Covid-19 kepada 20.000 peserta ini juga diberikan kepda kelompok usia 12 tahun ke atas. Menurut perkembangan kasus terkini, anak-anak pada kelompok usia ini juga mulai rentan terpapar Covid-19.

"Bahkan untuk membentuk herd immunity, idealnya vaksinasi diberikan kepada sekitar 60 persen hingga 70 persen dari seluruh jumlah penduduk. Namun hingga 11 Juli 2021, dari target 181.554.465 target sasaran vaksinasi nasioal, baru sekitar 36.267.019 warga yang menerima vaksinasi tahap I, serta 15.011.348 warga yang menerima vaksinasi tahap II. Kegiatan 'Serbuan Vaksinasi' ini bisa mendorong percepatan vaksinasi Covid-19, sehingga berkontribusi agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19, " ujar Bamsoet dalam pembukaan vaksinasi Covid-19 'Serbuan Vaksinasi', di Jakarta, Senin (12/7/21).

Turut hadir antara lain Dansat Intelmed BAIS TNI Kolonel CZL Suharyanto, Plt Walikota Jakarta Selatan J Isnawa Adji, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, Direktur Utama PT Rhemedika Mustika Sejahtera dr. Rheza Maulana serta Youtuber Raffi Ahmad dan Irfan Hakim.

Ketua DPR RI ke-20 ini juga menyoroti hingga saat ini, pandemi Covid-19 dengan berbagai dampaknya masih menempatkan bangsa Indonesia dalam suasana keprihatinan yang mendalam. Terlihat dari tingkat positivity rate Covid-19 secara nasional berada pada kisaran 28,3 persen, serta penambahan jumlah kasus harian mencapai 36.197 kasus. Kondisi ini diperburuk oleh menipisnya ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di beberapa wilayah yang berstatus sebagai zona merah.

"Karenanya, 'Serbuan Vaksinasi' pada hari ini mengisyaratkan berbagai pesan penting. Bahwa upaya penanggulangan pandemi Covid-19 adalah tanggungjawab bersama. Peran serta dan kontribusi segenap pemangku kepentingan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh PT. Rhemedika Mustika Sejahtera dan BAIS TNI pada hari ini, adalah wujud komitmen kebangsaan yang patut kita jadikan teladan," sorot Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Umum Cabang Olahraga Bela Diri Tarung Derajat ini menambahkan, 'Serbuan Vaksinasi' juga menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Hanya dengan kerjasama yang dilandasi oleh semangat gotongroyong, jiwa solidaritas, dan kepedulian sosial yang tinggi, bangsa Indonesia bisa segera terbebas dari belenggu pandemi Covid-19.

"Melalui acara ini, kita juga bergotongroyong saling mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat mengikuti program vaksinasi. Karena selain bertujuan untuk membangun kekebalan kelompok (herd immunity), vaksinasi juga bertujuan untuk menurunkan tingkat persebaran Covid-19, serta menurunkan tingkat fatalitas dan kematian akibat Covid-19," tandas Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi pada kegiatan 'Serbuan Vaksinasi'. Kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi ini penting, mengingat masih ada sebagian masyarakat belum memahami dan bahkan menolak untuk divaksin.

"Kesediaan masyarakat mengikuti program vaksinasi merupakan cerminan sikap bela negara. Sebab dengan langkah tersebut masyarakat tidak hanya melindungi diri, keluarga serta anggota masyarakat, dan pada akhirnya juga turut mencegah kehancuran negara," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.