image

Buka Sidang Tahunan MPR 2022, Ketua MPR Ajak Gelorakan Semangat Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 17:55 WIB

Jakarta – Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 dengan agenda utama ‘Pidato Presiden  Dalam Rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara’ digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).  Sidang Tahunan kali ini banyak mendapatkan perhatian rakyat, yang ingin mendengarkan laporan Presiden.

Antusiasme rakyat itu makin luas, ketika penyelenggara Sidang Tahunan membuka tayangan langsung melalui semua kanal media sosial seperti, Website, Youtube, Twitter, Instagram, untuk mempermudah rakyat, terutama generasi milenials mengakses dan menyaksikan salah satu momen besar bangsa itu.

Sidang Tahunan ini sendiri, dilaksanakan dengan kehadiran fisik 100 persen di tengah melandainya penyebaran pandemi Covid-19.  Namun, protokol kesehatan secara ketat tetap diberlakukan antara lain, seluruh petugas termasuk anggota Parlemen diwajibkan melakukan swab test PCR  2x24 jam, pemakaian masker dan pengaturan jaga jarak.

Walaupun acara Sidang tahunan dimulai tepat pukul 09.30 WIB, sejak pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, tamu undangan dan tamu kehormatan sudah mengalir datang dan memasuki ruangan acara.  Hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo /Bamsoet sebagai Pimpinan Sidang, para Pimpinan MPR RI Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan,Yandri Susanto, Arsul Sani, Hidayat Nur Wahid dan Fadel Muhammad dan 435 anggota MPR RI.

Terlihat hadir juga dalam acara, para Pimpinan lembaga-lembaga negara DPR, DPD, BPK, MA, MK, KY, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, para Ketua Umum Partai Politik, Airlangga Hartarto (Golkar), Surya Paloh (Nasdem), Zulkifli Hasan (PAN), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Prabowo Subianto (Gerindra), Ahmad Syaikhu (PKS), Suharso Monoarfa (PPP), Muhaimin Iskandar (PKB), serta perwakilan negara-negara sahabat.

Para tamu istimewa juga nampak hadir antara lain, Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI Ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden Ke-10 Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Ke-11 Boediono.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta istrinya Ibu Wurry, tiba lebih dulu di lokasi acara pukul 08.46 WIB dengan mengenakan pakaian beskap dari Jawa Tengah.  Sedangkan Presiden RI Joko Widodo dengan mengenakan busana adat Paksian berwarna hijau motif pucuk rebung dari Bangka Belitung beserta Ibu Negara Iriana, pukul 08.57 tiba dan memasuki pelataran Gedung Nusantara.

Tepat pukul 09.28, Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Ketua DPR, Ketua MK, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua BPK, Ketua DPD, dan Ketua KY mendampingi Presiden dan Wakil Presiden RI memasuki Ruang Sidang Paripurna.  

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi Gita Bahana Nusantara, dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua MPR, tepat pukul 09.38 Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai Pimpinan Sidang membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022, sekaligus memberikan pengantar sidang.

Dalam pidatonya, Bamsoet memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Waa Ta‘ala, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, bangsa Indonesia  diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan tugas konstitusional masing-masing dan  melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.  

“Rasa syukur yang mendalam juga patut kita persembahkan. Setelah lebih dari dua tahun dilanda pandemi Covid-19, berkat kerja keras Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa, kita dapat mengatasi pandemi secara baik. Kita bisa pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat. Sehingga pada hari ini, kita pun dapat melaksanakan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, dihadiri oleh seluruh Anggota MPR/DPR/DPD, serta undangan lainnya,” katanya.

Bamsoet juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, serta seluruh Pimpinan Lembaga Negara, atas kehadiran memenuhi undangan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD.

Dalam forum itu, Bamsoet mengingatkan bahwa esok hari tepat tanggal 17 Agustus 2022, bangsa Indonesia akan memasuki usianya yang ke-77 tahun. “Sudah sepatutnya kita memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang bangsa, yang telah mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwanya, sehingga sampailah kita kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentausa, mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tambahnya.

Bamsoet mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menggelorakan semangat kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan bangsa. “Menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua, setelah 77 tahun Indonesia merdeka, kita lahirkan generasi muda yang tangguh, unggul, bersatu, dan optimis, sehingga memiliki kesiapan untuk mengambil alih estafet kepemimpinan nasional, guna mewujudkan citacita bangsa menuju era Indonesia Emas 2045,” tandasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.