image

Diskusi Dengan Mahasiswa Gorontalo, Fadel Muhammad Beri Tips dan Motivasi Meraih Sukses

Rabu, 21 Desember 2022 10:00 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda saat ini berada dalam fase hidup yang sangat penting dan memiliki peran yang sangat luarbiasa yakni, sebagai generasi penerus kepimpinan bangsa di masa depan.

"Saya sendiri pernah mengalami itu. Selepas kuliah di ITB, bersama kawan-kawan saya tahun 1978 membangun perusahaan yang kemudian menjadi sangat besar yakni PT Bukaka Teknik Utama. Kemudian saya berkarir di politik dan menjadi Gubernur pada saat usia saya sekitar 48 atau 49 tahun, kemudian berlanjut menjadi Menteri, anggota DPD RI dan sekarang Pimpinan MPR RI," ujar alumni Teknik Fisika ITB tahun 1978 sekaligus peraih penghargaan Mahasiswa Teladan ITB tahun 1975 ini.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad dihadapan sekitar 100 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (HMJ Agrotek FP UNG), peserta acara Sosialisasi Empat Pilar MPR, di aula Kantor Desa Poowo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (20/12/2022).

Diungkapkan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini, semua pencapaian yang diraihnya itu karena kegigihan, kerja keras dan selalu semangat. "Bahkan disaat ini diusia saya  menginjak 71 tahun, semangat saya masih berkobar apalagi berbicara dan berkiprah untuk kemajuan Gorontalo dan negara Indonesia.  Kalian masih muda harusnya lebih bersemangat dari saya untuk mencapai kesuksesan di masa depan," tambahnya.

Kepada mahasiswa, Fadel Muhammad memberikan beberapa pesan penting sebagai motivasi dan tips sukses.  Pertama, success is a journey not a destination.  Kesuksesan adalah sebuah perjalanan bukan sebuah tujuan akhir.  Kedua, dalam menjalani hidup jangan sekali-kali takabur. Tempatkan diri pada posisi yang tepat.

Selanjutnya, jangan melewati sunnatullah.  dan ikuti hati kecil. Jagalah hati kecil supaya selalu bersih "Rasulullah bersabda, di dalam tubuh kita ada segumpal darah. Jika darah itu baik maka baiklah seluruh tubuh. Segumpal darah itu adalah hati," ujarnya.  Ketiga atau terakhir, pintar-pintarlah mengatur strategi hidup.  Hidup terlalu berharga.  Untuk itu, jangan dibiarkan berlalu begitu saja.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, tambah Fadel Muhammad, generasi muda mahasiswa harus memahami Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau Empat Pilar MPR.  Pemahaman yang baik tentang Empat Pilar, akan membentuk jati diri dan karakter kebangsaan yang kuat dalam diri setiap generasi muda Indonesia.

"Peran dan keikutsertaan kalian dalam gelar acara Sosialisasi Empat Pilar MPR ini membuktikan perhatian kalian yang besar kepada nilai luhur bangsa.  Generasi penerus seperti kalianlah yang bangsa ini harapkan," terangnya.

Di sesi akhir, sebagai bentuk kepedulian kepada aktifitas mahasiswa, Fadel Muhammad secara pribadi memberikan donasi agar lebih semangat lagi  membuat berbagai kegiatan dan karya yang bermanfaat untuk kampus dan masyarakat.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD