image

Fadel Muhammad Harap Forum MPR Dunia Bangkitkan Spirit Konferensi Asia Afrika

Minggu, 23 Oktober 2022 11:08 WIB

Bandung - Gedung Merdeka kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 24-26 Oktober 2022 akan menjadi pusat perhatian dunia.  Sebab, di tanggal tersebut gedung bersejarah itu menjadi tuan rumah digelarnya Konferensi Internasional yang diikuti para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syuro, atau lembaga sejenis dari negara-negara Anggota Kerja Sama Islam.

Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa Bandung dipilih menjadi tuan rumah Konferensi Internasional bergengsi itu, karena alasan yang sangat istimewa.

Salah satu yang utama adalah, hubungan sejarah yang sangat kuat.  Di Bandunglah pada tahun 1955, di gedung Merdeka pernah digelar Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) yang sangat legendaris, di mana Indonesia menjadi salah satu penggagasnya sekaligus tuan rumah.  

"Perhelatan kelas dunia itu berhasil menyatukan negara-negara se Asia Afrika dan memunculkan semangat untuk mencapai tujuan bersama," kata Fadel Muhammad, saat menjadi narasumber acara 'Diskusi Dengan Netizen' yang dihadiri sekitar 25 netizen anggota Komunitas Blogger Bandung, di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022).

Hadir dalam acara mendampingi Fadel Muhammad, Plt. Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah, SE, MM, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga, Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Budi Muliawan, SH, MH dan Ketua Komunitas Blogger Bandung Agus Wibowo sebagai moderator.

"Kami ingin spirit Asia Afrika kembali hadir di acara Forum MPR Dunia itu.  Untuk mewujudkan itu, disalah satu kegiatannya, pada tanggal 25 Oktober, seluruh delegasi akan melakukan 'historical walk' untuk mengenang kembali KAA. Kegiatan bersama ini berupa berjalan kaki, dimulai dari Hotel Savoy sampai ke gedung Merdeka," lanjut Fadel.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan bahwa pilihan Bandung sebagai tempat acara bukan keinginan Pimpinan  MPR semata.  "Kami minta pendapat dan berunding dengan Presiden Jokowi dan beliau setuju. Lalu, kami mendatangi Gubernur Jawa Barat, beliau senang sekali dan berjanji akan berusaha membantu kesuksesan acara," kata Fadel.

Fadel berharap acara yang akan mengharumkan nama bangsa di tataran global ini berlangsung sukses dan tercapai tujuan serta visi misinya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD