image

HNW Dukung Pemberian Gelar Pahlawan Bagi Para Habaib Dan Pejuang Perempuan

Rabu, 08 September 2021 06:07 WIB

 


Jakarta,- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA mendukung penghormatan terhadap Para Bapak dan Ibu Bangsa yang telah berjasa menghadirkan Indonesia Merdeka, dengan pemberian gelar pahlawan nasional. Mereka yang layak mendapat  gelar pahlawan Nasiomal, itu antara lain,   Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau yang dikenal dengan Habib Ali Kwitang, Rahmah El Yunusiah Pendiri sekolah Diniah Putri Padang Panjang, Syaikhana Khalil (Guru bagi KH Hasyim Asyari dan KH A Dahlan) serta Anggota BPUPK KH A Sanusi, atas jasa-jasanya  memperjuangkan hadirnya Indonesia Merdeka.

“Saya mendukung penuh apa yang diusulkan oleh berbagai pihak agar Pemerintah memberikan pengakuan dan gelar Pahlawan Nasional. Juga sebagai pengamalan ajaran Bung Karno: Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Perjuangan dan kontribusi mereka untuk hadirkan  Indonesia Merdeka, sangatlah nyata,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (7/9/2021), sesudah menghadiri pertemuan dengan anggota DPRD DKI bersama Forum Silaturahim Majlis Taklim se-Jakarta Pusat.

HNW sapaan akrab Hidayat Nur Wahid  mengatakan,  sejarah mencatat dengan tinta emas bagaimana perjuangan dan kontribusi mereka untuk eksistensinya Indonesia Merdeka, seperti Habib Ali Kwitang yang sangat dekat dengan Bung Karno. Habib Ali Kwitang yang  membantu dan menyelamatkan Bung Karno dengan memberikan tempat persembunyian di Masjid Kwitang dari kejaran penjajah Belanda dan Jepang. Bahkan, berdasarkan berbagai informasi, Bung Karno sempat ‘nyantri’ dengan Habib Ali Kwitang selama berbulan-bulan atas saran dari tokoh Betawi M Husni Thamrin.

“Habib Ali Kwitang sangat berjasa mendukung kemerdekaan Indonesia dan penyebaran proklamasi kemerdekaan Indonesia di kalangan Umat Islam melalui jaringan para Habaib. Hingga kemerdekaan Indonesia cepat menyebar dan didukung oleh Umat hingga ke Majlis Taklim-Taklim. Karena Habib Ali Kwitang juga pendiri dan pimpinan pertama Majelis Taklim Kwitang yang merupakan salah satu cikal bakal organisasi-organisasi Majlis Taklim di Indonesia, yang ikut berjuang bagi hadir dan eksistnya Indonesia merdeka,” ujar Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Anggota Komisi VIII yang salah satunya membidangi urusan keagamaan dari Dapil Jakarta II ini juga menyambut baik para tokoh di DKI Jakarta, khususnya dan Indonesia pada umumnya,  mendukung usulan yang awalnya disampaikan oleh  PWNU DKI Jakarta, agar gelar pahlawan nasional juga diberikan  kepada Habib Ali Kwitang. “Karena Beliau bermukim di Jakarta, sudah sewajarnya bila tokoh-tokoh di Jakarta ikut memperjuangkan dan mendukung usulan mulia ini,” ujarnya.

Selaku partai Islam, PKS kata Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sangat mendukung berbagai usulan untuk pemberian gelar pahlawan nasional untuk para habaib dan ulama (termasuk ulama Perempuan) yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya, dukungan PKS juga diberikan kepada rencana pemberian gelar pahlawan kepada KH Sholeh Darat Semarang, KH Bisri Syansuri, dan KH Muhammad Kholil atau Syaikhona Kholil Bangkalan. Juga kepada Rahmah ElYunusiah, KHA Sanusi (anggota BPUPK dari PUI), serta Mr Kasman Singodimejo (Muhammadiyah, anggota PPKI).

“PKS sangat mendukung agar Pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada para Ulama (termasuk Ulama Perempuan), Habaib dan Bapak/Ibu Bangsa yang terbukti jasa dan dharmabaktinya untuk Indonesia Merdeka. Beliau-beliau itu dan keluarganya tentu tidak meminta pengakuan dari pemerintah, tetapi sudah selayaknya bila kita sebagai bangsa yang menghargai jasa pahlawan, mengakui dan menghormati peran mensejarah mereka,” ujarnya.

Pemberian gelar pahlawan,  menurut HNW  juga berfungsi  merawat harmoni Bangsa dan ingatan kolektif Rakyat bahwa Indonesia Merdeka ini adalah warisan dan hasil perjuangan bersama.  Baik oleh kalangan Nasionalis Kebangsaan maupun Nasionalis Keagamaan sebagaimana dilakukan oleh para Ulama (termasuk yang perempuan) dan Habaib. “Agar selamatlah Bangsa dari adu domba, dan makin kuatlah kohesi nasional berdasarkan ingatan kolektif atas harmoni dan kontribusi para Pahlawan Bangsa untuk Indonesia Merdeka, sekalipun latar belakang mereka berbeda-beda (latar suku, agama, afiliasi politik), tapi mereka saling menghormati, saling mendukung dan bergotong-royong untuk hadirkan Indonesia Merdeka. Dan membela eksistensi kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.