image

Hadiri Pelantikan Komunitas Mercedez Benz W212, Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Kampanyekan Tertib Berkendara

Sabtu, 24 September 2022 19:19 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berharap dibawah kepemimpinan Yoga Mahardhika yang sudah berpengalaman dalam memimpin organisasi dan membangun jaringan, Mercedes Benz W212 akan tumbuh menjadi klub otomotif yang semakin solid, maju, dan berkembang. Sebagai bagian dari Keluarga Besar IMI, Mercedes Benz W212 harus terus berkiprah dan berkontribusi dalam upaya mewujudkan visi organisasi IMI, yaitu mempersatukan dan membesarkan seluruh elemen yang terkait dengan otomotif di tanah air.

"Keberadaan komunitas otomotif sangat memiliki peran penting sebagai sumber daya pembangunan. Sering kita lihat dan saksikan, komunitas otomotif menyelenggarakan kegiatan atau event yang berdampak positif bagi masyarakat. Misalnya penyelenggaraan touring untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah atau penyelenggaraan bakti sosial dan aksi kemanusiaan untuk meringankan beban kehidupan masyarakat. Hal tersebut seringkali saya lihat dari klub otomotif seperti Mercedes Benz W212," ujar Bamsoet dalam acara Musyawarah Nasional ke-4 Tahun 2022, sekaligus Pengukuhan Kepengurusan Mercedes Benz W212 Club Indonesia Periode 2022-2024, di Jakarta, Sabtu (24/9/22).

Turut hadir antara lain, Ketua Dewan Pembina Mercedes Benz W212 Club Indonesia Nono Soedewo, Presiden Mercedes Benz W212 Club Indonesia I.M. Yoga Mahardhika, dan Sekretaris Jenderal Mercedes Benz W212 Club Indonesia Afiansyah Harahap.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sektor otomotif di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Menurut data Korlantas POLRI, hingga Agustus 2022, tercatat jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 149,7 juta unit, sebanyak 23,2 juta di antaranya adalah mobil pribadi. Pertumbuhan kendaraan yang melaju menurut deret ukur, tidak mungkin dapat diimbangi oleh pertumbuhan fasilitasi sarana jalan yang justru cenderung stagnan.

"Kondisi ini meniscayakan semakin pentingnya kesadaran dan komitmen masyarakat pengguna jalan dalam berkendara. Dalam konteks ini, saya sangat mengapresiasi peran komunitas otomotif seperti Mercedes Benz W212 dalam mengampanyekan tertib berkendara kepada segenap anggotanya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, keberadaan klub otomotif tidak hanya dibangun oleh sekedar kesamaan hobi, tetapi juga didorong oleh motivasi untuk membangun semangat kebersamaan (brotherhood). Semangat ini juga tercermin pada keanggotaan klub Mercedes Benz W212 yang datang dari beragam latar belakang profesi, dari pengusaha hingga pilot.

"Perbedaan latar belakang keanggotaan dalam wadah komunitas otomotif bukanlah penghambat untuk memajukan organisasi. Tetapi justru memperkuat spirit solidaritas dan soliditas organisasi yang sudah terbiasa hidup dalam kebersamaan di tengah keberagaman," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.