image

Hari Konstitusi dan HUT MPR Ke-76, Ketua MPR: Konstitusi Milik Rakyat Untuk Menuju Indonesia Merdeka dan Sejahtera

Rabu, 18 Agustus 2021 17:33 WIB

 

Jakarta – Peringatan Hari Konstitusi yang jatuh setiap tanggal tanggal 18 Agustus (ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008), adalah salah satu agenda besar ketatanegaraan yang selalu diselenggarakan MPR RI.  Di tahun 2021 ini, peringatan Hari Konstitusi yang digelar MPR RI, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/8/2021) ini terasa sangat istimewa.

Sebab, selain dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, para Pimpinan MPR, perwakilan pimpinan dan anggota Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, perwakilan pimpinan dan anggota Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR, juga dihadiri (virtual) Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Menkopolhukam RI Mahfud MD, Pimpinan DPR RI, Ketua dan Pimpinan DPD RI, Pimpinan Lembaga Negara, Wakapolri Komjen. Pol. Gatot Eddy Pramono dan perwakilan Panglima TNI.

Yang luarbiasa dari acara peringatan tahun ini adalah, walaupun di tengah pandemi Covid-19, antusiasme berbagai elemen masyarakat untuk mengikuti acara sangat tinggi. Namun, karena penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, terutama pembatasan kehadiran peserta secara fisik, panitia memberikan akses untuk mengikuti acara secara virtual.

Acara tersebut selain istimewa juga terlihat unik, sebab digelar bersamaan dengan acara Peringatan HUT MPR Ke-76.  Menurut Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan semua peserta, mengingat lonjakan kasus Covid-19 masih cukup tinggi, bahkan penyebarannya semakin meluas.

“Kekebalan masyarakat pun belum terbentuk secara sempurna karena jumlah orang yang telah divaksin, terutama vaksin dosis kedua masih belum memenuhi target, serta Positivity Rate kasus covid-19 masih melampaui dari yang disyaratkan oleh WHO. Untuk itu, kita tidak boleh lengah. Kita semua, tidak terkecuali, harus meningkatkan kedisiplinan  menjalankan protokol kesehatan secara ketat, agar rantai penyebaran virus corona dapat kita putus,” tambahnya.

Peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR sendiri, dikatakan Bamsoet, memiliki makna yang sangat mendalam, bukan hanya bagi MPR, tetapi juga bagi bangsa Indonesia. Yakni, sebagai hukum dasar, UUD NRI Tahun 1945 merupakan dokumen hukum yang di dalamnya memuat cita-cita Indonesia merdeka, memuat falsafah bangsa yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara, serta memuat tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia.

Cita-cita luhur tersebut adalah tujuan yang harus selalu diupayakan pencapaiannya. Rumusan pendiri bangsa yang dituangkan dalam Pembukaan UUD jelas menegaskan, kemerdekaan merupakan gerbang awal untuk meneguhkan persatuan, menegakkan kedaulatan sepenuh-penuhnya, memastikan tegaknya keadilan bagi siapa pun, dan mewujudkan kemakmuran untuk semua.

Tujuan pembentukan Pemerintah Negara Indonesia, lanjut Bamsoet, adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah  Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, dalam upaya mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Dengan pemaknaan yang demikian, Peringatan Hari Konstitusi yang pada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan Hari Lahir MPR bukan hanya sebagai kegiatan seremonial dari tahun ke tahun, melainkan menjadi tanggung jawab sejarah untuk meneguhkan arah cita-cita Indonesia merdeka,” tegasnya.

Bamsoet berharap, jika selama ini Hari Konstitusi hanya diperingati oleh MPR, untuk tahun-tahun berikutnya dapat diperingati juga oleh seluruh warga bangsa, pemerintah, lembaga-lembaga negara, dan seluruh masyarakat Indonesia, dalam satu rangkaian dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  “Sebab,  konstitusi  bukan hanya milik MPR, tetapi milik kita semua. Tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan tanpa konstitusi, tidak ada lembaga-lembaga negara tanpa konstitusi,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.