image

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Finalis Puteri Indonesia Sumut Sebagai Puteri Indonesia 2023

Kamis, 23 Maret 2023 17:22 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo yang juga tiga tahun berturut-turut dipercaya menjadi juri pada ajang Puteri Indonesia 2018-2020, mendukung finalis Puteri Indonesia Sumatera Utara 2023, Tabitha Cristabela Napitupulu, maju dalam ajang Puteri Indonesia 2023. Melalui keikutsertaannya dalam ajang Puteri Indonesia 2023, diharapkan Tabitha dapat membangun Sumatera Utara. Baik dari sisi pariwisata, sumber daya manusia, maupun dari berbagai kekayaan sumber daya alam lainnya.

"Melalui peran Tabitha sebagai finalis Puteri Indonesia Sumatera Utara 2023 serta nanti akan maju dalam Puteri Indonesia 2023, diharapkan Danau Toba akan semakin mendunia. Momentum ini semakin mendapatkan pijakan, karena UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) menetapkan Danau Toba sebagai Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, tanggal 2 Juli 2020. Kaldera Danau Toba dinilai memiliki tiga aspek keragaman yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu geo-diversity (keragaman geografi), bio-diversity (keragaman hayati), dan culture diversity (keragaman budaya)," ujar Bamsoet usai menerima finalis Puteri Indonesia Sumatera Utara 2023, Tabitha Cristabela Napitupulu, di Jakarta, Kamis (23/3/23).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, untuk mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba, membutuhkan langkah-langkah terobosan, kreasi dan inovasi. Disinilah dibutuhkan dukungan SDM yang berkualitas. Semisal untuk mendorong lahirnya produk-produk dan atraksi wisata yang mampu menarik wisatawan melalui festival seni dan budaya serta pemberdayaan ekonomi kreatif.

"Agar kawasan Danau Toba bisa mendunia, diperlukan peran masyarakat sebagai kunci keberhasilannya. Kultur yang dimiliki masyarakat Batak dengan sistem kekerabatan marga yang kuat, harus menjadi spirit yang kuat untuk membangun kawasan Danau Toba. Jika setiap kelompok masyarakat Batak memiliki semangat yang sama untuk membangun daerah asal, maka Danau Toba akan maju dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, keikutsertaan dalam ajang Puteri Indonesia 2023 harus dimanfaatkan oleh Tabitha untuk belajar dan memperluas jaringan. Bamsoet juga mengingatkan, kaum perempuan Indonesia harus bangga terhadap dirinya dan juga terhadap Indonesia. Kepercayaan dirilah yang menjadi modal utama bagi perempuan agar bisa melompat lebih tinggi lagi.

"Sebagai contoh, Indonesia sudah mempunyai presiden perempuan dan juga Ketua DPR RI dari kalangan perempuan. Di Amerika saja, sebagai negara leluhurnya demokrasi, belum bisa memiliki presiden dari kalangan perempuan. Karenanya, perempuan Indonesia patut berbangga diri," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.