image

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembalap Muda Indonesia Berlaga di FIM Junior Motocross World Championship 2023

Senin, 13 Februari 2023 20:01 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kiprah dua pembalap motocross muda asal Yogyakarta, Akbar Aureliansyah Lubis (15 tahun) dan Angga Athareyhansyah Lubis (14 tahun). Keduanya akan menjadi pembalap Indonesia pertama sekaligus pembalap Asia pertama yang mengikuti kejuaraan Junior Motocross Dunia di Eropa, FIM Junior Motocross World Championship pada Juli 2023 di TCS Racing Park, Rumania. Keikutsertaan mereka ditandai dengan telah resmi bergabung bersama team DVS KTM Junior Racing yang bermarkas di Belgia.

"Selain mengikuti FIM Junior Motocross World Championship, Akbar dan Angga mulai Maret hingga akhir musim 2023 ini juga akan mengikuti berbagai kejuaraan motocross di Eropa. Antara lain, EMX 125 Motocross World Championship; MX Nasional Belgia (National Belgium Motocross Championship) dan MX National Belanda (ONK Dutch Master Motocross Championship). Akbar dan Angga telah membuktikan bahwa pembalap motocross muda Indonesia juga bisa melanjutkan karir profesionalnya di tingkat dunia," ujar Bamsoet usai menerima Akbar dan Angga, di Jakarta (13/2/23).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, debut internasional Akbar dan Angga terealisasi atas rekomendasi dari klub TristanTara Racing yang terdaftar di IMI Jawa Barat, dan telah melakukan kerjasama dengan DVS KTM Junior Racing yang merupakan team balap motocross junior yang didukung oleh pabrikan motor KTM.

"Kerjasama TristanTara Racing dengan DVS KTM Junior Racing tersebut dilakukan untuk pelatihan, pembinaan dan peningkatan kemampuan. Sehingga para pembalap muda Indonesia seperti Akbar dan Angga bisa memiliki pengalaman internasional yang dapat berguna bagi perkembangan karir mereka selanjutnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menerangkan, di dalam negeri Akbar dan Angga telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Akbar menjadi Juara Nasional MX 50 (2014), Juara Nasional MX 65 (2018), Juara Nasional MX 125 (2021), Medali Emas PON XX Papua (2014), Juara Umum SE 125 Kejuaraan Motocross Indiel Series 2022 (2022), serta Juara 1 Kejuaraan Indonation Motocross 2022 (2022). Sedangkan prestasi Angga antara lain, Juara MX2 Junior 2021 dan Juara P1 Kejuaraan Indiel Series kelas MX2 Junior.

"DVS KTM Junior Racing dengan dukungan pabrikan KTM Factory asal Belgia yang kini menjadi team balap Akbar dan Angga, merupakan salah satu team Junior Motocross terbaik dunia. Pemiliknya, Dirk Vansummeren, terkenal sebagai tuning atau mekanik berpengalaman yang meracik mesin balap Motocross sejak tahun 1992. Ia telah melahirkan juara dunia Junior Motocross seperti Mike Alessi, Valerio Lata, dan Liam Evert. Kita berharap, Akbar dan Angga bisa turut mengikuti mereka," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.