image

Ketua Umum IMI Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Pembalap Muda Indonesia di Kejuaraan Balap FIA Rally Star Asia Pacific 2022

Kamis, 13 Oktober 2022 14:53 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo turut bangga atas keberhasilan para pembalap muda Indonesia yang telah memberikan hasil membanggakan pada final FIA Rally Star Asia Pacific 2022 di Madras International Circuit, India, Rabu (12/10/2022). Sebuah kejuaraan bergengsi kelas dunia untuk pembibitan pembalap muda usia 17 hingga 26 tahun.

"Pebalap muda kebanggaan Indonesia, Farel Haiqal sukses mencapai Top 5 dengan waktu terbaiknya 3:07, hanya beda 4 detik dari Taylor Gill (Australia) yang menjadi pemenang. Sedangkan Canya Prasetyo, dan Bintang Barlean lolos ke stage 2 atau Top 25. Bahkan Canya Prasetyo sempat mencetak fastest diantara 6 peserta kelas wanita di Stage 1 pada seleksi hari pertama. Sementara Zharfan Rahmadi berhasil mengikuti sesi Sim Racing atau Simulator. Meskipun tidak Juara 1 tetapi ini adalah raihan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia, mengingat tahun ini adalah pertama kalinya kita bisa mengirimkan perwakilan pembalap muda tanah air berbakat untuk berkompetisi di tingkat dunia, seperti FIA Rally Star Asia Pacific," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (13/10/22).

Ketua DPR RI ke -20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebelum berangkat mengikuti FIA Rally Star Asia Pacific 2022, para pembalap muda Indonesia ini terlebih dahulu telah berjuang mulai dari tahap seleksi yang ketat dari FIA bersama IMI pada awal September 2022 di Edutown Arena, BSD City, Tangerang. Hingga akhirnya bisa terpilih mewakili Indonesia hingga final di Madras International Circuit, di Chennai, India, berkompetisi dengan 50 pembalap muda dari berbagai negara.

"Mereka bisa merasakan kompetisi yang sangat ketat di lintasan paduan aspal, tanah dan genangan dengan jarak 900 meter, 1.900 hingga 3.300 meter, mengendarai TN5 Cross Cars yang belum pernah dicoba sebelumnya oleh para pembalap muda di tanah air," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, FIA Rally Star Asia Pacific 2022 mampu mengeksplore bakat para pereli muda. Tidak hanya dari sisi speed, tetapi juga ketahanan fisik, sim racing hingga atittude. Dengan mengikuti kejuaraan ini, para pembalap muda Indonesia bisa semakin mengasah kemampuan balapnya. Baik dari sisi skill, mental, hingga karakter.

"IMI juga sudah mengajukan kepada perwakilan FIA yang hadir di India, agar event FIA Rally Star untuk 3 tahun mendatang bisa diselenggarakan di Indonesia, karena kita sudah memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Bisa di Tanjung Lesung Banten, atau bahkan di Medan, Sumatera Utara. Dengan demikian bisa mengggeliatkan motorsport di kalangan generasi muda," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.