image

Lantik Ketua IMI Sulawesi Tenggara Anton Timbang, Bamsoet Dukung Penyelesaian Sirkuit Balap Internasional di Nanga-Nanga Sulawesi Tenggara

Rabu, 09 Februari 2022 20:15 WIB

KENDARI - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung penyelesaian pembangunan sirkuit balap internasional di kawasan Nanga-nanga, Sulawesi Tenggara. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2020 diatas lahan 10 hektar yang disiapkan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. Kini sudah memasuki tahap pengerasan dan pengaspalan. Ditargetkan selesai pada tahun 2023.

"Memiliki panjang lintasan dua kilometer, lintasan lurus sepajang 200 meter, serta 13 tikungan, Sirkuit Nanga-nanga bisa digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kejuaraan motorsport, dari road race hingga drag race. Selain mewujudkan mimpi masyarakat Sulawesi Tenggara untuk memiliki sirkuit internasional dengan lintasan trek berbentuk huruf K yang merupakan simbol Pulau Sulawesi, juga untuk melahirkan lebih banyak lagi atlet balap asal Sulawesi Tenggara yang bisa mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah internasional," ujar Bamsoet saat melantik pengurus IMI Sulawesi Tenggara periode 2021-2025 dibawah kepemimpinan Anton Timbang, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2/22).

Turut hadir Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh, Plt Ketua KONI Sulawesi Tenggara La Ode Suryono, Kepala BNN Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, dan Komandan Korem 143 Halu Oleo Kendari Brigjen TNI Yufti Senjaya.

Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Organisasi M. Riyanto, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, Komunikasi dan Media Hasby Zamri, Direktur Organisasi Nasrul Fuad, serta Komisi Touring sekaligus Ketua Umum Motor Besar Indonesia Rio Castello.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain menjadi Ketua IMI Sulawesi Tenggara selama tiga periode, Anton Timbang juga dipercaya sebagai Ketua KADIN Sulawesi Tenggara. Posisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun kolaborasi mengajak dunia usaha, khususnya dari berbagai perusahaan tambang yang beroperasi di Sulawesi Tenggara, terlibat dalam pembangun sirkuit Nanga-nanga.

"Dibutuhkan sekitar Rp 35 miliar untuk menyelesaikan pembangunan sirkuit tersebut. Selain melalui dana APBD, juga perlu diperkuat dengan peran dari pihak swasta. Tercatat ada sekitar 189 perusahaan tambang yang beroperasi di Sulawesi Tenggara, seperti Virtue Dragon dan lain-lain. Tidak hanya memanfaatkan kekayaan alam Sulawesi Tenggara, mereka juga harus berkontribusi memajukan olahraga. Perusahaan manapun yang memberikan sumbangan terbesar, bisa menempatkan namanya menjadi nama sirkuit. Misalnya menjadi Virtue Nanga-Nanga International Circuit, Virtue Nanga-nanga International Circuit, atau nama lainnya yang merepresentasikan pihak pemberi sponsor," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menambahkan, dibawah kepemimpinan Anton Timbang, IMI Sulawesi Tenggara juga harus segera membentuk kepengurusan IMI hingga tingkat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara. Sesuai amanah Musyawarah Nasional Luar Biasa IMI yang diselenggarakan pada 29 Januari 2022.

"Kehadiran IMI hingga tingkat kabupaten/kota akan memudahkan pembinaan sekaligus menggali lebih banyak lagi potensi balap dari generasi muda yang terdapat di 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. Sekaligus memperluas kerjasama dengan berbagai pihak, dari mulai Bupati/Walikota hingga Kapolres. Sekaligus bekerjasama dengan KONI dalam penyaluran dana pembinaan, karena sesuai ketentuan, setiap pengurus cabang olahraga tingkat kabupaten/kota mendapatkan dana pembinaan dari KONI," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.