image

Menerima Para Pengusaha Muda Dunia (JCI), Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Penyelenggaraan Konferensi Asia Pasifik Junior Chamber International (ASPAC) di Jakarta

Jumat, 12 Mei 2023 13:16 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Junior Chamber International (JCI) Jayakarta dan JCI Indonesia, yang sukses menyelenggarakan Konferensi Asia Pasifik JCI 2023 pada Rabu, 10 Mei 2023 di Stadion Tenis Indoor, GBK, Jakarta. Dihadiri ribuan pemuda kreatif dan inovatif dari sekitar 30 negara dunia. Antara lain.Australia, Rusia, Jepang, Vietnam, Moldova, Hongkong, Mongolia, Thailand, Myanmar, Mongolia, Bangladesh, dan Nepal.

"Melalui event ini, para pemuda dari berbagai negara dunia bisa membangun jaringan yang kuat, untuk kemudian dikembangkan ke dalam dunia usaha maupun mempersiapkan diri menjadi pemimpin nasional di negaranya masing-masing. Pemuda selaku generator dan dinamisator pembangunan, sebagai agen perubahan, akan selalu meninggalkan torehan sejarah. Kemampuan generasi muda dalam menjawab tantangan pada masing-masing zaman, akan sangat menentukan masa depan bangsa dan negara ke depan," ujar Bamsoet usari menerima delegasi Konferensi Asia Pasifik JCI 2023, di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V MPR RI, Jakarta, Jumat (12/5/23).

Turut hadir antara lain, Presiden Nasional JCI Indonesia Felix Soesanto, Presiden Nasional JCI Rusia Oksana, Wakil Presiden JCI Jepang Marii Kitamura, Presiden Nasional JCI Vietnam Nguyen Khang, Presiden Nasional JCI Moldova Alxandrina, Presiden Nasional JCI Hongkong Kenneth, Presiden Nasional JCI Mongolia Munkhdelger Sodnomrentsen, Deputi Presiden Nasional JCI Malaysia Bruce, Presiden Nasional JCI Monaco Marie, Presiden Nasional JCI Macau Jethro Pun, Presiden Nasional JCI Thailand Charm, Presiden Nasional JCI Myanmar Ta Ra, serta Presiden Nasional JCI Taiwan Thomas Lin

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menjelaskan, kesuksesan penyelenggaraan Konferensi Asia Pasifik JCI 2023 melengkapi kebanggaan Indonesia yang telah sukses menggelar berbagai event internasional, seperti KTT G-20 di Bali dan KTT ASEAN di Labuan Bajo. Sepanjang tahun 2023 ini, Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga dunia. Diantaranya, Indonesian Masters (Badminton) pada 24-29 Januari; F1 PowerBoat Danau Toba pada 24-26 Februari 2023; serta World Superbike Mandalika pada 4-5 Maret 2023.

"Masih di sisa tahun 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi beberapa even internasional olahraga dunia lainnya. Diantaranya, Jakarta E-Prix (Formula E) pada 3-4 Juni di JIEC Ancol, Jakarta; Indonesia Open (Badminton) pada 13-18 Juni di Istora Senayan, GBK, Jakarta; World Beach Games pada 5-12 Agustus di Bali; FIBA World Cup (Basket) pada 25 Agustus - 10 September di Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK, Jakarta; Asia Pacific Rally Championship pada 23-25 September dan 24-26 November di kawasan Danau Toba; hingga MotoGP Mandalika pada 13-15 Oktober. Dengan senang hati kita menerima kehadiran penonton dari berbagai negara dunia untuk menyaksikan secara langsung berbagai event olahraga dunia tersebut," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini juga mengingatkan, di tengah persaingan global dan dinamika tantangan zaman, generasi muda dituntut mampu bertransformasi, menjadi kekuatan pendobrak yang mengubah tantangan menjadi peluang, menjadikan peluang sebagai keberhasilan. Selain menjadi katalisator yang mendorong lahirnya perubahan ke arah perbaikan.

Karena itu, keluarga besar JCI harus terus mengembangkan setiap potensi, saling mendorong, bersinergi dan berkolaborasi, sehingga segala prestasi, karya, kreasi dan kemajuan yang dicapai, juga memiliki dampak yang nyata bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara.

"Dengan karakteristik JCI sebagai wadah global yang terkoneksi dengan ratusan ribu generasi muda dunia, memiliki jaringan yang kuat ke berbagai organisasi kepemudaan dunia, JCI dapat menjadi kekuatan yang menginspirasi dan memotivasi semangat perubahan, semangat kemandirian, semangat persatuan, dan semangat kemajuan kepada seluruh warga dunia," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.