image

Musyawarah Provinsi IMI Nusa Tenggara Barat, Bamsoet Dorong IMI Provinsi NTB Perbanyak Cetak Atlet Balap di Sirkuit Mandalika

Senin, 07 Februari 2022 18:49 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IKatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kepemimpinan dan berbagai capaian Nur Haedin beserta segenap jajaran pengurus IMI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2017-2021. Sekaligus menyambut calon Ketua IMI NTB 2022-2026, dr. Lalu Herman Mahaputra (dr. Jack), yang menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Provinsi IMI NTB.

Bamsoet berharap sosok Nur Haedin masih tetap terlibat dalam kepengurusan IMI NTB 2022-2026. Kolaborasinya dengan dr. Jack diharapkan bisa membuat IMI NTB semakin berkibar. Selain memajukan olahraga dan mobilitas otomotif dengan membina sebanyak mungkin atlet balap, juga untuk meneguhkan posisi NTB sebagai tuan rumah berbagai kejuaraan motorsport dunia MotoGP pada 18-20 Maret 2022 dan MXPG pada awal Juli 2022 mendatang.

"Sepanjang tahun 2022 saja, NTB sudah dipercaya menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap dunia. Antara lain, Tes Pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022, MotoGP sekaligus Asia Talent Cup pada 18-20 Maret 2022, World Superbike sekaligus Asia Talent Cup pada 11-13 November 2022, serta GT World Challenge Asia pada 21-23 November 2022, seluruhnya diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Selain itu, NTB juga menjadi tuan rumah MXGP pada 26 Juni 2022, rencananya akan digelar di Pulau Sumbawa," ujar Bamsoet saat membuka Musyawarah Provinsi IMI NTB, secara virtual dari Jakarta, Senin (7/2/22).

Turut hadir antara lain, Ketua KONI NTB Andy Susanto, Ketua IMI NTB 2017-2021 Nur Haedin, Kadispora NTB Surya Bahari, Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, dan Wadirlantas Polda NTB AKBP Romadhoni.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, penyelenggaraan berbagai event internasional tersebut selain sangat bergengsi dan berdampak positif bagi citra Indonesia di kancah internasional, juga memberikan multiplier effect bagi perekonomian rakyat NTB. Karenanya, IMI NTB harus menjadi bagian dalam membangun sinergi positif dengan KONI NTB, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB, dunia usaha melalui platform tanggungjawab sosial (CSR), serta masyarakat NTB pada umumnya.

"Kesuksesan menyelenggarakan World Superbike 2021 sangat dirasakan manfaatnya bagi Indonesia. Antara lain 1,6 miliar penonton dari berbagai negara dunia menyaksikan kehebatan NTB menyelenggarakan World Superbike, memberikan country branding positif bagi Indonesia. Perekonomian NTB tumbuh hingga 5 persen, hotel dan jasa transportasi full booked, kuliner dan industri kerajinan tangan laku keras. Efek ini akan kita tingkatkan saat menyelenggarakan MotoGP dan berbagai event balap kejuaraan dunia lainnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, selain sukses melaksanakan program internal kelembagaan, IMI NTB 2017-2021 dibawah kepemimpinan Nur Haedin juga telah menorehkan prestasi membanggakan dalam berbagai event. Antara lain, membawa atlet balap motor NTB, Aldias Aqsal Ismaya dan Nyoman Rajendra Shanti Pala, meraih medali emas PON XX di Papua pada cabang olahraga Balap Motor Kelas Beregu Standar 150 Cc. Serta berhasil membawa Sarah Lehani Mitchell menjadi Juara-3 Miss IMI 2021.

"Tidak hanya itu, Nakami Vidi Makarim asal Lombok Barat juga berhasil menyumbang medali emas untuk Papua pada Kelas Beregu MX 125 CC Putra dalam PON XX Papua. Atlet Balap Motor NTB, Arai Agaska Dibani Laksana, juga berhasil naik podium ketiga di race ke-2 untuk kelas motor bebek 4T 150 CC di kategori rookie, dalam ajang Kejuaraan Nasional Balap Motor Bebek Piala Presiden. Menunjukan bahwa anak-anak muda NTB memiliki bakat dan talenta balap yang luar biasa, yang tetap harus dibina dan difasilitasi oleh IMI NTB dibawah kepemimpinan dr. Jack," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.