image

Pencabutan PPKM Ujian Kemandirian Masyarakat Menuju Endemi Covid-19

Sabtu, 31 Desember 2022 20:01 WIB

Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan ujian kemandirian masyarakat dalam proses transisi menuju endemi Covid-19. Kesadaran yang tinggi dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan proses tersebut berhasil.

"Fase ini merupakan tahapan yang sangat menentukan dalam proses menuju endemi Covid-19. Sangat diperlukan kesadaran dan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi masa transisi ini," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12).

Menurut Lestari, meski kebijakan PPKM dicabut, pemerintah berharap masyarakat melakukan pencegahan dan deteksi dini secara mandiri bila menghadapi dugaan paparan Covid-19.

Selain itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, kedewasaan masyarakat dalam menyikapi pencabutan kebijakan PPKM sangat dibutuhkan dengan tetap mematuhi sejumlah saran pencegahan yang dianjurkan pemerintah.

Diakui Rerie yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu, saat ini merupakan pembuktian apakah masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai persatuan dan gotong-royong, yang merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan, dalam menghadapi tantangan bangsa dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat, penggunaan masker di tempat umum bila kondisi tidak fit yang disarankan pemerintah, harus menjadi norma keseharian masyarakat.

Demikian pula kelengkapan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ke-3 atau booster, tambah dia, harus menjadi kesadaran masyarakat dalam upaya meningkatkan imunitas diri dari paparan Covid-19.

Karena itu Rerie mengajak segenap anak bangsa untuk bersatu mengedepankan semangat pencegahan penyebaran Covid-19 dalam keseharian, agar bangsa Indonesia mampu melewati masa transisi menuju endemi Covid-19 dan melaksanakan proses pembangunan dengan baik untuk mewujudkan bangsa yang bermartabat serta negara yang  adil, makmur berdasarkan Pancasila.***


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.