image

Perempuan Harus Aktif Mewujudkan Pemahaman Kesetaraan Gender di Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 17:08 WIB

Perjuangan mewujudkan kesetaraan gender dalam keseharian membutuhkan dukungan penuh dari para perempuan. Upaya tersebut harus menjadi gerakan dengan diawali upaya membangun pemahaman utuh dari para perempuan terhadap apa yang diperjuangkan.

"Kurangnya role model perempuan dan dukungan dari perempuan masih menjadi kendala kita dalam setiap berjuang untuk melakukan perubahan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional secara daring bertema Semangat Kartini Mendorong Kreativitas Perempuan yang Berwawasan dan Bermartabat dalam rangka peringatan Hari Kartini, yang digelar DPD Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (27/4).

Menurut Lestari, martabat, dignity dan setiap atribut yang melekat pada diri perempuan harus terwujud dalam setiap kerja untuk perubahan.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, di era saat ini sudah banyak dibuka ruang baru bagi perempuan untuk mengekspresikan diri di berbagai bidang, tinggal bagaimana para perempuan mampu memanfaatkan kesempatan itu.

Saat ini, tambah Rerie, bagaimana para perempuan mampu mendobrak tembok kaca dan berbagai upaya yang memarginalisasi perempuan.

Para perempuan, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus mampu bertindak, berjuang dan melakukan hal-hal yang berdampak signifikan terhadap kesadaran lingkungan sekitarnya, saat memperjuangkan kesetaraan gender.

Semangat untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan yang diperjuangkan RA Kartini di masa lalu, ujar Rerie, harus terus dihidupkan dan diperjuangkan oleh para generasi penerus demi masa depan bangsa yang lebih baik.*


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.