image

Pimpinan MPR Ke Maroko Menguatkan Rencana Pembentukan Forum MPR se-Dunia

Rabu, 20 Juli 2022 08:57 WIB

Pimpinan MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A dan Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar bertemu dengan Mr. Rachid Talbi El Alami selaku Ketua Majlis Al-Nuwwab (setingkat DPR di Kerajaan Maroko). Setelah itu, kedua pimpinan MPR, itu melanjutkan pertemuan dengan Mr. Mohamed Hanine selaku Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin (setingkat MPR di Kerajaan Maroko). Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Parlemen Maroko, Senin (18/7/2022) waktu setempat. Kehadiran Hidayat dan Fadel Muhammad merupakan delegasi utusan MPR RI untuk menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya antara Ketua MPR RI dengan Ketua Majlis Al-Mustasyarin Maroko terkait prakarsa MPR untuk membentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia.

Di awal pertemuan, Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin menyampaikan salam dari Ketua Majlis Al-Mustasyarin yang tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan tugas keparlemenan di luar Maroko. Mr. Mohamed Hanine menyatakan bahwa Ketua Majlis Al-Mustasyarin sangat mendukung prakarsa dari MPR tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Hidayat yang akrab dipanggil HNW menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Parlemen Maroko dan kerjasama yg sudah dilakukan selama ini. Pembahasan utama yang disampaikan HNW di hadapan para pimpinan parlemen Maroko ialah realisasi usulan pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia beserta tanggapan positif negara-negara sahabat Indonesia atas ide tersebut. Seperti dukungan dari Raja Arab Saudi dan Majelis Syura Arab Saudi, serta para pimpinan parlemen di Turki, Iran, dan sejumlah negara lainnya.

HNW menyebutkan,  beberapa faktor penting pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia. Antara lain, konsolidasi anggota maupun lembaga-lembaga MPR, atau   sejenisnya yang belum terakomodasi dalam berbagai Organisasi Keparlemenan,  seperti IPU dan  PUIC. Forum ini bertujuan  agar bersama dengan lembaga-lembaga global dan regional yang sudah ada, menghadirkan rasa  saling menguatkan.  Selain itu agar MPR dan lembaga sejenis makin berkontribusi untuk peradaban dan perdamaian dunia, demokrasi, dan kemaslahatan lainnya, dengan saling bertemu serta berbagi pengalaman dan kepedulian.

Delegasi MPR RI yang dipimpin HNW juga menyampaikan bahwa terpilihnya Maroko sebagai ketua African Parliament Union (APU) sebagai badan yang membawahi lembaga-lembaga Majelis Syura maupun lembaga-lembaga sejenis di Afrika, dapat menjadi rujukan  pembentukan Forum MPR se-Dunia yang dimulai dari seluruh parlemen negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

“Ide Majelis Syura atau Majelis Permusyawaratan se-Dunia sudah didukung sejak 2019 oleh Majelis Permusyawaratan Maroko dan Majelis Syura Saudi dan sudah diselenggarakan seminar nasional serta  kajian terkait ide itu, tetapi realisasinya tertunda karena Covid-19. i
Insya Allah realisasinya akan dilaksanakan, Oktober 2022 di kota Bandung sebagai kota sejarah KTT Asia Afrika bersamaan presidensi Indonesia di G20,” ungkap HNW menambahkan.

Menanggapi pemaparan Delegasi MPR RI, baik Ketua Majlis Al-Nuwwab maupun Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin Maroko menyambut sangat baik ide tersebut dan akan mendukung prakarsa MPR R.  Ketua Majlis Al-Nuwwab Maroko juga berjanji akan mengangkat gagasan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia saat menerima Ketua Majelis Syura Arab Saudi pada pekan ini.

Di sisi lain, Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin Maroko juga turut menyampaikan dukungan terhadap gagasan tersebut. Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin Maroko, akan mendalami proposal pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia tersebut untuk memberikan masukan dan pengayaan bila diperlukan.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A. Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD