image

Rakornas IKADI 2023, HNW : Ajak Para Juru Dakwah Maksimalkan Kontribusi Dan Kolaborasi Hadirkan Islam Yang Rahmatan Lil Alamin

Minggu, 22 Januari 2023 06:32 WIB

Lombok,- Dihadapan lebih dari 315 pengurus, Pimpinan Pusat,  Wilayah dan  Daerah  Ikatan Da’i Indonesia (IKADI), Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA., mengingatkan bahwa dunia dakwah menghadapi tantangan yang tidak ringan, selama  era disrupsi, dan era digital. Karena pada era, ini muncul upaya   menjauhkan kesepakatan yang pernah dicapai antara umat   dengan bangsa dan negaranya. Pada era, ini juga terdapat narasi yang akan menjauhkan  umat, bangsa dan negara  dari kecintaannya terhadap Islam,

Karena itu, para Da’i diajak dan diingatkan untuk makin berkontribusi dan berkolaborasi  menyampaikan dakwah Islam yang rahmatan lil alamin, dengan maksimal, sepenuh hati dan bertanggungjawab. Ini penting, agar   perjalanan Umat dan relasinya dengan bangsa dan negara,   bisa dikuatkan dan terselamatkan. Demikian juga kesepakatan, yang dulu pernah dicapai antara umat Islam dengn bangsa dan negaranya dapat diteruskan dan diwariskan pada generasi milenial dll.

“Dakwah kita di Indonesia bukan   baru akan dilaksanakan.  Tetapi,  melanjutkan  apa yang sudah dilakukan oleh para ulama terdahulu.  Di  NTB ini misalnya ,  ada Tuan Guru Abdul Majid,   peletak dasar dakwah NW yang luar biasa fenomenal. Kemudian, dakwah itu membuat NTB hari ini sukses, bukan hanya dalam kontek pembangunan, tapi   juga keagamaan.  Padahal,  secara geografis, NTB diapit oleh Provinsi Bali di sebelah barat dan NTT di sebelah timur. Tetapi NTB tumbuh menjadi daerah yang sangat luar biasa dengan istilah Provinsi seribu masjid dan seribu pesantren. NTB muncul sebagai daerah dengan pertumbuhan ekonomi  tertinggi, dan menjadi salah satu daerah dengan jumlah pengangguran terendah,” ungkap Hidayat Nur Wahid. 

Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid atau HNW, pada Jumat (20/1/2023) malam, saat  membuka Rakornas IKADI 2023 dan Grand IKADI 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rakornas IKADI 2023 dan Grand IKADI 2022   berlangsung Jumat-Minggu (20-22 Januari 2023). Ikut hadir pada acara tersebut, Ketua  Dewan Syuro IKADI Prof. Dr. KH. Achmad Satori Ismail, Ketua Umum PP IKADI Dr. KH. Ahmad Kusyairi Suhail MA, Sekretaris Jendral PP IKADI Dr. Khairan Muhammad Arif MA, Wakil Gubernur NTB  Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M. Pd, serta  Forkopimda Provinsi NTB.  Selain HNW, Wakil Presiden Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, juga turut menyampaikan sambutan secara daring.

Keberhasilan NTB tumbuh menjadi daerah yang berkembang pesat,   menurut Hidayat Nur Wahid menjadi penanda, di manapun dakwah  bisa hadir, di situ IKADI  dapat eksis  dan berkontribusi di tengah banyaknya kesempatan dan tantangan. Apalagi, IKADI  memiliki kekhasan,  yaitu Islam yang rahmatan lil alamin.

Pada kesempatan, itu HNW  mengapresiasi pelaksanan Rakornas IKADI.  Sukses  Rakornas IKADI, menurut Anggota Komisi 8 DPR RI, itu berarti  tersedianya kesempatan bagi seluruh ormas di Indonesia untuk mengembangkan diri. Keberhasilan Rakornas IKADI,  juga menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negeri yang bisa terus menumbuh kembangkan potensi seluruh warga bangsa. Juga  menandakan bahwa warga bangsa sangat cinta dengan bangsa, negara dan umatnya.    

“Semoga IKADI  terus dijaga oleh Allah, bisa menghadirkan keberkahan,  bisa merealisasikan program-programnya,  sehingga terwujud  Indonesia yang baldatun toyibatun warobbul ghofur. Dan Indonesia yang dulu diperjuangkan, yaitu   Indonesia yang berdaulat,  adil dan makmur,” kata Hidayat lagi.

Hidayat berharap, bersama  seluruh komponen bangsa, Rakornas IKADI  dapat berkontribusi menyelesaikan beragam persoalan.  Termasuk  tantangan   dunia dakwah.   Rakornas IKADI Tidak  boleh hanya bersifat  ceremonial saja.  Apalagi, pesertanya   datang dari seluruh Indonesi. Karena datang ke NTB  tidak semudah  ke Jakarta atau Pulau Jawa.

“Rakornas ini jangan sampai dimubazirkan. Buatlah  kesepakatan yang  bisa  menghadirkan IKADI  lebih kolaboratif dan kontributif, hebat, bermanfaat dan lebih berkah. Supaya dakwah Islam makin kokoh dan kuat,  hingg makin kuat pula kontribusi umat Islam di Indonesia. Agar rahmatan lil alamin atas Islam, benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat  di NTB, Indonesia bahkan  dunia,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.