image

Syarif Hasan, Wakil Ketua MPR-RI, Mendukung Langkah Presiden Memperpanjang PPKM Level 4

Selasa, 03 Agustus 2021 11:41 WIB

 

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang melakukan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Level 4) pada Senin, (2/8/2021). Kebijakan ini resmi berlaku pada wilayah-wilayah yang menjadi episentrum Covid-19 di Indonesia sejak 26 Juli 2021 sampai 2 Agustus 2021 dan diperpanjang kembali hingga 9 Agustus 2021.

Dalam pernyataan resmi Presiden Jokowi dijelaskan, PPKM Level 4 yang merupakan kebijakan penyesuaian dari PPKM Darurat akan berlaku hingga 9 Agustus 2021. Kebijakan PPKM Level 4 tersebut diambil dalam rangka membatasi aktivitas masyarakat, khususnya aktivitas non-esensial untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas di beberapa daerah.

Syarief Hasan menilai, kebijakan perpanjangan PPKM Level 4 tersebut tepat diambil untuk meminimalisir potensi penyebaran Pandemi Covid-19. “Pembatasan aktivitas masyarakat melalui perpanjangan PPKM ini sudah tepat untuk memotong rantai penyebaran Pandemi Covid-19. Namun, Pemerintah harus memastikan bahwa kebijakan tersebut ditindaklanjuti sampai pada level terbawah secara tegas dan tetap humanis.”, sebut Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyebutkan bahwa Partai Demokrat sejak awal mendorong Pemerintah untuk mengambil kebijakan pembatasan secara tegas. “Sejak awal, Partai Demokrat mendorong Pemerintah untuk tegas dan berani melakukan karantina pada wilayah zona merah. Sejak awal, kami juga mendesak Pemerintah untuk melarang masuknya WNA ke Indonesia, hingga akhirnya benar-benar dilarang oleh Pemerintah”, ungkapnya. 

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa terjadi penambahan sebesar 30.738 kasus positif dan 1.604 kasus kematian pada Senin, (2/8/2021). Angka tersebut menambah total kasus Covid-19 di Indonesia hingga mencapai 3,44 juta kasus dan 95.723 diantaranya meninggal dunia sehingga masih perlu dilakukan pembatasan aktivitas dan pengetatan protokol kesehatan.

Ia juga berharap, program vaksinasi dapat segera menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. “Vaksinasi adalah salah satu usaha untuk memutus penyebaran Covid-19 dan membentu herd immunity. Pemerintah harus terus mengoptimalkan vaksinasi sehingga mencapai target 70% dan terbentuk kekebalan kolektif, baik lokal maupun nasional.”, ungkap Syarief Hasan.

Politisi Senior Partai Demokrat ini juga mendukung Presiden Jokowi untuk memimpin langsung percepatan penyaluran bantuan sosial. “Pemerintah harus segera menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak, sehingga PPKM dapat berjalan optimal karena kebutuhan sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi. Selain itu, Pemerintah juga harus segera mengoptimalkan bantuan Ultra Mikro dan UMKM sehingga mereka dapat tetap bertumbuh di tengah Pandemi Covid-19”, tutup Syarief Hasan.


Anggota Terkait :

Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, S.E, M.M, M.B.A.