image

Terima Kunjungan Jarno Zaffelli, Bamsoet Tegaskan IMI Siap Bantu MGPA Bersihkan Sirkuit Internasional Mandalika Jelang Gelaran MotoGP

Minggu, 13 Februari 2022 05:50 WIB

JAKARTA - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima kunjungan Jarno Zaffelli dari Dromo Circuit Design, yang merupakan designer sekaligus konsultan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit. Usai mendapatkan berbagai input dari Jarno Zaffelli seputar kondisi Sirkuit Internasional Mandalika, Bamsoet menegaskan lintasan track yang kotor akibat debu dan kerikil, seperti dialami pada tes pramusim MotoGP pada 11 Maret 2022 menjadi pelajaran penting menghadapi race MotoGP pada 18-20 Maret 2022 nanti.

"Dorna Sport, FIM dan MGPA juga sedang melakukan kajian mendalam terkait lintasan sirkuit yang sempat kotor tersebut. Sehingga bisa mendapatkan kejelasan yang utuh sekaligus memberikan solusi penanganannya agar pada 18-20 Maret 2022 nanti Sirkuit Mandalika semakin siap menggelar MotoGP. Jika ada hal-hal yang perlu dibenahi, IMI siap membantu MGPA sebagai penyelenggara MotoGP membereskan berbagai hal tersebut," ujar Bamsoet usai menerima Jarno Zaffelli bersama Badan Penasihat IMI Pusat Robert Kardinal, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Junaidi Elvis dan Ketua IMI Bali Ajik Khrisna di Jakarta, Sabtu (12/2/22)

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebagaimana disampaikan Race Direction Representative dari Dorna Sports, Loris Capirossi, kondisi track sirkuit yang kotor merupakan hal biasa yang sering terjadi pada sirkuit baru yang juga belum digunakan menggelar balapan lagi. Disinilah kegunaan tes pramusim, untuk membenahi hal-hal yang perlu dibenahi. MGPA juga sudah bergerak cepat menyelesaikannya, jika masih ada hal yang perlu dibenahi bisa dilakukan sesegera mungkin.

"Direktur Off The Road Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra yang ditugaskan IMI Pusat menjadi Deputy Race Committee MotoGP juga sedang berada di Sirkuit Internasional Mandalika, mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP. Eddy melaporkan kondisi track yang kotor tersebut salah satunya disebabkan pembersihan yang kurang optimal. Terlebih kondisi sirkuit yang berada di pinggir laut, serta masih adanya pekerjaan konstruksi di berbagai lokasi sirkuit. Normalnya dua minggu sebelum balap, lintasan track harus dibersihkan setiap hari sesuai standar internasional dengan menggunakan Track Jet Truck dan kendaraan Track Sweeping," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Jarno Zaffelli maupun Race Director MotoGP Mike Webb juga menyarankan hal serupa. Pembersihan sirkuit harus dilakukan secara rutin. Bahkan juga harus rutin memasukan motor atau mobil ke dalam lintasan sirkuit. Sehingga membuat racing line menjadi lebih bersih. Karena saat kendaraan lewat, aerodinamikanya akan menyedot debu dari dalam pori-pori lintasan, sehingga mengurangi deposit debu di dalam pori-pori.

"Loris Capirossi usai mengawasi tes pramusim MotoGP pada 11 Februari kemarin juga menegaskan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika sudah lulus homologasi. Bahkan mendapatkan kualifikasi Grade A. Sehingga seluruh tingkat keamanan dan keselamatan untuk menggelar balapan MotoGP sudah terpenuhi," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.