image

Terima Pembalap Muda, Bamsoet Dorong Indonesia Juarai Ajang Balap Internasional

Selasa, 18 Oktober 2022 13:40 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima para pembalap muda Indonesia yang telah memberikan hasil membanggakan dalam final FIA Rally Star Asia Pacific 2022 di Madras International Circuit, India, Rabu (12/10/2022). Farrel Haiqal Atlit yang sukses mencapai Top 5 dengan waktu terbaiknya 3:07, hanya beda 4 detik dari Taylor Gill (Australia) yang menjadi pemenang. Serta Bintang Barlean Atlit yang lolos ke stage 2 atau Top 25.

"FIA Rally Star Asia Pacific 2022 merupakan sebuah kejuaraan bergengsi kelas dunia untuk pembibitan pembalap muda usia 17 hingga 26 tahun. Ini adalah tahun pertama pembalap muda Indonesia bisa mengikuti ajang bergengsi tersebut. Selain Farrel Haiqal Atlit dan Bintang Barlean Atlit, pembalap muda lainnya juga turut memberikan hasil membanggakan. Antara lain Canya Prasetyo yang juga lolos ke stage 2 atau Top 25. Serta Zharfan Rahmadi yang berhasil mengikuti sesi Sim Racing atau Simulator. Bahkan Canya Prasetyo sempat mencetak fastest diantara 6 peserta kelas wanita di Stage 1 seleksi hari pertama," ujar Bamsoet usai menerima Farrel Haiqal Atlit dan Bintang Barlean Atlit, di Jakarta, Selasa (18/10/22).

Turut hadir antara lain, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, IMI Mobility Adi Wibowo dan Wira Julianto, serta pelatih Yuniarti Ilyas.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, IMI juga sudah mengajukan kepada perwakilan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang hadir di India, agar event FIA Rally Star untuk 3 tahun mendatang bisa diselenggarakan di Indonesia. Mengingat Indonesia sudah memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Bisa di Tanjung Lesung Banten, atau bahkan di Medan, Sumatera Utara.

"Dengan demikian bisa semakin menggeliatkan motor sport di kalangan generasi muda, serta memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat di daerah yang dijadikan tuan rumah. Sekaligus meneguhkan posisi Indonesia sebagai rumah besar bagi berbagai kejuaraan balap otomotif dunia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dengan mengikuti FIA Rally Star Asia Pacific, para pembalap muda Indonesia bisa merasakan kompetisi yang sangat ketat. Karena dalam FIA Rally Star Asia Pacific 2022, mereka mampu mengeksplorasi bakat para pereli muda. Tidak hanya dari sisi speed, tetapi juga ketahanan fisik, sim racing hingga attitude.

"Dengan mengikuti kejuaraan ini, para pembalap muda Indonesia bisa semakin mengasah kemampuan balapnya. Baik dari sisi skill, mental, hingga karakter," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.