image

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Gelar Dengar Pendapat Masyarakat

Rabu, 20 April 2022 13:04 WIB

Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad menggelar Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) yang dihadiri masyarakat Gorontalo. Dalam DPM tersebut, warga masyarakat secara bebas bisa bertanya, mengemukakan pendapat, keluhan dan menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Fadel Muhammad. DPM berlangsung di kediaman Wakil Ketua MPR dari Kelompok DPD itu di Jalan Kalimantan, Kota Gorontalo, Selasa petang (19/4/2022).

Banyak aspirasi yang disampaikan warga masyarakat dalam pertemuan menjelang berbuka puasa itu. Beberapa aspirasi yang disampaikan antara lain permintaan perhatian dari pemerintah daerah setempat kepada mahasiswa yang berasal dari provinsi lain yang sedang menuntut ilmu di Gorontalo, permintaan kepada Fadel Muhammad untuk bersedia kembali dicalonkan sebagai Gubernur Gorontalo, persoalan minyak goreng dan bahan kebutuhan pokok, dan persoalan UMKM, kriminalisasi ulama, dan beberapa lainnya.

Anwar, mahasiswa asal Makassar yang sedang menuntut ilmu di Gorontalo, meminta perhatian dari pemerintah Gorontalo. “Apakah ada perhatian kepada kami, mahasiswa dari provinsi lain yang sedang belajar di Gorontalo. Sebab, sekalipun berasal dari daerah lain, kami sudah merasa seperti orang Gorontalo. Kami belajar dan nanti akan bekerja di Gorontalo,” ujarnya.

Beberapa warga masyarakat lainnya menyampaikan aspirasi yang sama, yaitu meminta kesediaan Fadel Muhammad untuk kembali dicalonkan sebagai Gubernur Gorontalo. “Pertanyaannya, Bapak Fadel sudah memimpin Gorontalo selama dua periode. Apakah masih bisa maju sebagai calon gubernur lagi dalam pemilihan gubernur?” ujar seorang warga.

Seperti diketahui, setelah menjadi Gubernur Gorontalo selama dua periode, Fadel Muhammad menjadi anggota DPR periode 2014 – 2019. Pada Pemilu 2014, Fadel Muhammad memperoleh suara terbanyak yang mengantarkannya ke Senayan. Di lembaga legislatif, Fadel Muhammad menjadi Ketua Komisi XI.

Pada Pemilu 2019, Fadel Muhammad kembali maju sebagai calon legislatif, namun kali ini dari DPD. Guru Besar Universitas Brawijaya ini kembali memperoleh suara terbanyak dan menempati urutan pertama perolehan suara di Gorontalo.  

Menjawab aspirasis warga yang menginginkan untuk kembali maju sebagai calon Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad menjawab, “Saya bersedia. Demi rakyat Gorontalo. Saya tidak keberatan. Saya sudah 70 tahun, tapi saya siap dan tetap sehat,” ujarnya.

Fadel Muhammad mengakui bahwa ketika memimpin Gorontalo selama dua periode telah menurunkan angka kemiskinan dan berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat. Pertanian jagung sangat maju hingga bisa diekspor ke beberapa negara. “Tapi setelah saya tinggalkan, saya dengar produksi jagung sudah menurun,” tuturnya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengucapkan terima kasih atas apresiasi masyarakat Gorontalo yang masih menginginkan dirinya kembali memimpin Gorontalo.  

Usai Dengar Pendapat Masyarakat (DPM), Fadel Muhammad mengatakan jika aturan membolehkan, maka dia akan mempertimbangkan untuk kembali maju sebagai calon gubernur. “Kita lihat ya, kalau memungkinkan saya akan pertimbangkan. Ini demi masyarakat Provinsi Gorontalo juga,” ucapnya.###


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD