image

Fadel Muhammad: Intervensi Terbatas Negara Solusi Masalah Perekonomian Rakyat

Jumat, 13 Desember 2019 07:26 WIB

 

Tangsel - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengungkapkan masalah bangsa terbesar dan terberat saat ini adalah seputar perekonomian rakyat seperti penurunan daya beli, kesulitan modal kerja dan ketidakmampuan membayar bunga pinjaman. Fadel menangkap permasalahan tersebut, saat bertemu dan berbincang dengan masyarakat di berbagai daerah dalam berbagai kesempatan antara lain saat Sosialisasi Empat Pilar.

&doublequote;Sebagai Pimpinan MPR, saya sering bertemu dengan masyarakat di berbagai daerah. Saat berkeliling dan berbincang dengan masyarakat itulah, saya menyadari bahwa masalah terbesar dan terberat bangsa ini adalah soal ekonomi rakyat. Masalah inilah yang mesti mendapat perhatian lebih kita semua terutama pemerintah,&doublequote; katanya.

Hal tersebut dikatakan Fadel Muhammad usai gelar acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan DPP SDGs LIRa, di Tangerang Selatan, Kamis (12/12/2019) yang dihadiri tokoh-tokoh masyarakat dan sekitar seratus lebih peserta masyarakat sekitar.

Ditegaskan Fadel, masalah besar dan berat tersebut mesti dijawab pemerintah dengan sebuah kebijakan baru. &doublequote;Terkait hal tersebut, saya sendiri memiliki pemikiran yang saya sampaikan menjadi sebuah usulan yakni kebijakan &singlequote;Limited State Intervention&singlequote; (LSI) atau intervensi terbatas dari negara untuk memajukan kelompok perekonomian menengah ke bawah,&doublequote; imbuhnya.

Diterangkan Fadel, kebijakan usulannya tersebut diimplementasikan dalam bentuk antara lain, kebijakan subsidi suku bunga pinjaman untuk perekonomian rakyat menengah dan kecil, lalu kebijakan membantu mendapatkan modal kerja bagi rakyat kecil yang kesulitan.

&doublequote;Saat ini, pemikiran tentang kebijakan LSI ini sedang kami bahas di MPR untuk dipersiapkan tidak hanya menjadi usulan semata, tapi mudah-mudahan bisa menjadi kebijakan pemerintah ke depan,&doublequote; ujarnya.

Fadel menekankan, solusi permasalahan bangsa tersebut mesti diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Sebab, jika permasalahan tersebut tidak disikapi dengan hati-hati dan tanpa intervensi pemerintah, dikhawatirkan masalah besar dan berat tersebut, akan semakin kompleks dan sulit diatasi.