.menu_preview{ /* display:none;*/ }

Guru Se-Garut Ikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR

Selasa, 02 Jun 2015 - 12:36

Garut - Garda terdepan pembentukan karakter bangsa generasi muda adalah guru.  Guru memiliki peran penting yang kadangkala seperti terpinggirkan.  Karakter bangsa yang kuat yang dimiliki generasi muda bangsa disamping kemampuan intelektualnya, akan memunculkan generasi pemimpin Indonesia yang mampu membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan anggota Badan Pengkajian MPR RI H. Ahmad Zacky Siradj saat membuka secara resmi acara Seminar Nasional dengan tema ' Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Pembangunan Karakter Bangsa' kerjasama MPR RI dengan Yayasan Baitul Almamuni Kabupaten Garut dan diikuti sekitar 200 peserta dari kalangan guru dan dosen se-Kabupaten Garut, Jawa Barat, di Hotel Sabda Alam Garut,  Selasa ( 2/6 ).

" Seminar nasional dengan tema strategis tersebut adalah satu upaya besar kita untuk menambah wawasan dan cara pandang kita untuk lebih meningkatkan karakter bangsa kepada generasi muda bangsa," katanya.

Dalam penanaman karakter bangsa yang kuat, lanjut Ahmad Zacky, salah satunya harus diberikan pemahaman soal kualitas kompetensi generasi muda sebagai sumber daya manusia Indonesia yang mumpuni.

"Saya teringat kata kata Buya Hamka yakni, kalau hanya sekedar hidup, kera dihutan pun bisa hidup.  Kalau hanya sekedar kerja, kerbau di sawahpun bisa kerja.  Tapi, kita manusia memiliki kelebihan punya nilai-nilai luhur yang berkualitas.  Manusia memiliki martabat dan kemuliaan dan untuk konteks Indonesia, semua ada dalam Pancasila," tandasnya.

Pancasila memiliki arti yang sangat universal terutama pada sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.  Itu adalah modal dasar buat pembangunan karakter generasi muda bangsa.  Setelah itu, dibangunlah kecintaan dan rasa nasionalisme yang kuat pada tanah air dan kecintaan yang kuat pada bangsanya, lalu dimantapkan intelektualisnya hingga mampu bersaing secara global.

"Jika generasi muda memiliki hal tersebut, yakinlah Indonesia akan maju san setara dengan bangsa-bangsa lain, insya Allah," pungkasnya.

Seminar itu sendiri diisi oleh empat orang pemateri yakni, anggota Badan Kajian MPR RI Ahmad Zacky Siradj, anggota Fraksi Golkar MPR RI Deding Ishak, akademisi UIN Bandung DR. Undang Hidayat, Dosen STH Garut Dhojan Jauhari, SH, MH dan tokoh masyarakat Garut Cecep Sutijo./der


Baca Juga

Kontak