image

Hari Pers Nasional 2019, OSO Harap Pers Nasional Pertahankan Kualitas dan Hancurkan Hoax

Sabtu, 09 Februari 2019 18:25 WIB

Surabaya- Wakil Ketua MPR RI Dr. (H.C) Oesman Sapta Odang (OSO) menghadiri acara puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 bersama Presiden RI Ir. Joko Widodo, di Auditorium Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019).

Dalam acara tersebut, Oesman Sapta dianugerahi penghargaan Warta Bakti Utama. Penghargaan tersebut sangat tidak disangka-sangka oleh Oesman Sapta sendiri. &doublequote;Saya sangat apresiasi tidak menyangka sama sekali terima kasih kepada pers nasional,&doublequote; katanya, usai acara.

Berbicara soal pers nasional, OSO mengungkapkan bahwa pers nasional sekarang berwibawa dan bermartabat dihargai oleh berbagai elemen masyarakat di IIndonesia. Hal tersebut karena pers nasional mampu menunjukkan nilai-nilai etik jurnalis yang berkualitas.

&doublequote;Nilai-nilai itu harus dipertahankan terutama melawan kabar-kabar hoax yang luarbiasa menyebarkan nuansa negatif di tengah kehidupan masyarakat. Hoax memang harus dilawan bersama salah satunya dengan produk jurnalis yang berkualitas dan bernilai,&doublequote; ujarnya.

Saat ini, lanjut OSO, upaya-upaya masyarakat termasuk pers nasional melawan hoax sudah terlihat dampaknya. Presiden RI sendiri mengatakan bahwa walaupun hoax secara kuantitas meningkat tapi makin hari makin tidak dipercaya masyarakat.

&doublequote;Pers Nasional harus menyadari bahwa hoax adalah tantangan untuk terus menghasilkan produk yang dipercaya masyarakat hingga ke desa-desa sehingga lama kelamaan tidak percaya lagi sama sekali kepada hoax-hoax,&doublequote; imbuhnya.

Apalagi di tahun politik yang menurut OSO selalu ada pro dan yang menumbuh suburkan hoax-hoax. Namun, OSO percaya pers nasional sudah bisa memandang hal tersebut secara obyektif dan selalu mengedepankan produk pers yang berkualitas, bermarwah dan bermartabat.

&doublequote;Memang tidak mudah, tapi pers nasional harus memahami bahwa hoax adalah &singlequote;korsleting&singlequote; di tubuh pers nasional yang harus segera dibenahi. Karena jika tidak, maka akan semakin merusak nama pers nasional,&doublequote; tandasnya.

Puncak acara HPN 2019 ini sendiri selain dihadiri Presiden RI dan Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua DPD RI Oesman Sapta, juga dihadiri para beberapa Menteri, Gubernur Jawa Timur, beberapa tokoh nasional, sekitar 20 Duta Besar perwakilan negara-negara sahabat, Ketua Dewan Pers, para Pimpinan PWI Pusat dan lima ratus lebih insan pers perwakilan berbagai daerah di Indonesia serta tamu undangan masyarakat umum.