image

Pelatihan Berakhir, Seratus Dosen Siap Sosialisasikan 4 Pilar

Senin, 08 Juni 2015 01:18 WIB

Palembang- Rangkaian kegiatan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers) Sosialisasi Ketetapan MPR, Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika di Lingkungan Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan di Palembang berakhir sudah. Selama empat hari penuh (4-7/6)100 dosen dari 74 Perguruan Tinggi yang mengikuti pelatihan ini diberikan materi secara menyeluruh oleh para narasumber yang berasal dari anggota MPR RI. Menurut Muhammad Rizal selaku Ketua Panitia dan juga Kepala Biro Persidangan Sekretariat Jenderal MPR ini dalam laporan pelaksanaan kegiatan mengungkapkan bahwa hasil pemahaman para peserta pelatihan ini mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Dimana sebelum mengikuti pelatihan, peserta dites terlebih dahulu (post test) dengan mengerjakan soal tentang pemahaman empat pilar yang hasilnya rata-ratanya 53,72 dengan nilai tertinggi 75. Kemudian setelah empat hari mengikuti pelatihan dengan metode penyampaian materi langsung dari para anggota MPR/ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok, dan simulasi presentasi materi empat pilar, kemudian dilakukan tes lagi (post test) rata-rata nilainya naik menjadi 61,45 dengan nilai tertinggi 85. 

Kegiatan pelatihan ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua MPR RI Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, M.A. Dalam sambutannya Hidayat menyatakan mengapresiasi para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya kepada Koordinator Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan. Lebih lanjut Hidayat mengatakan bahwa permasalah bangsa saat ini sangatlah komplek, hingga banyak yang mengatakan Indonesia darurat korupsi, darurat narkoba, darurat prostitusi dll. Realita yang ada didaerah  masih mempermasalahkan keadilan yang belum merata hingga keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI masih muncul. Untuk itulah MPR mengajak seluruh pihak untuk turut mensosialisasikan empat pilar agar tujuan dari proklamasi maupun reformasi dapat tercapai. Kepada peserta Hidayat berharap seluruh peserta telah memahami secara utuh dan menyeluruh mengenai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara dan juga peserta setelah mendapat pelatihan ini kedepan menjadi narasumber yang handal dalam melakukan Sosialisasi empat pilar di lingkungan kampus dan sekitarnya, ujarnya. Ditemui terpisah, salah seorang peserta Elfahmi Lubis dari UMB Bengkulu mengaku senang mendapat pelatihan ini dan bertekad untuk mengajarkan apa yang telah diperoleh dalam pelatihan kepada mahasiswanya. "Saya akan mengajarkan lagi ke mahasiswa saya tentang empat pilar yang saya dapatkan disini", ujarnya.

Acara penutupan ini juga dihadiri oleh Anggota MPR RI Fraksi Golkar Hardisoesilo dan Sri Meliana Anggota MPR RI Fraksi Gerindra, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel Richard Cahyadi yang mewakili Gubernur Sumsel, Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan Rustina.