image

Rapat Gabungan MPR Sepakati Lima Calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR

Rabu, 26 Agustus 2015 16:20 WIB

Jakarta- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan empat Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid dan Oesman Sapta beserta Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD MPR RI, hari ini, Rabu ( 26/8 ), bertempat di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, menggelar Rapat Gabungan ( Ragab ) dengan agenda utama menetapkan lima calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI.

Rapat gabungan dihadiri Ketua Fraksi Golkar MPR Rambe Kamarul Zaman, Ketua Fraksi Partai Nasdem MPR Prof. Bachtiar Aly, Ketua Fraksi PKS MPR TB. Syunmandjaja, Ketua Fraksi Demokrat MPR Guntur Sasono, Ketua Perwakilan Kelompok DPD MPR Bambang Sadono, perwakilan Fraksi Gerindra El nino, anggota MPR dari kelompok DPD Intsiawati Ayus, Sekretaris Fraksi Golkar MPR Hadi Susilo, perwakilan Fraksi PDIP MPR Abidin Fikri.

Dalam rapat yang mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat disepakati bahwa mekanisme penetapan bakal calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI adalah 4 fraksi MPR RI yakni fraksi Golkar, fraksi PDIP, fraksi Demokrat dan fraksi Gerindra serta Kelompok DPD masing-masing mengusulkan satu nama bakal calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR.

Setelah lima nama calon keluar, maka Pimpinan MPR RI akan membawa usulan nama calon tersebut di bawa Pimpinan MPR RI ke forum Rapat Lembaga Pengkajian MPR.  Di forum itulah nanti akan dipilih siapa yang menjadi Ketua Lembaga Pengakjian MPR dan para Wakil Ketua Lembaga Pengkajian MPR.

Perwakilan masing-masing fraksi dan kelompok DPD MPR RI dalam Ragab tersebut akhirnya memberikan usulan nama bakal calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI kepada Pimpinan MPR RI, yakni,

Kelompok DPD mengusulkan nama Dr. Ahmad Farhan Hamid, Msi, fraksi Golkar mengusulkan nama Ir. Rully Chairul Azwar, Msi, fraksi Gerindra mengusulkan nama Prof. Dr. Syamsul Bahri, fraksi Demokrat mengusulkan nama Dr. Jafar Hafsah dan fraksi PDIP mengusulkan nama Prof. Dr. Soedijarto.

Pimpinan MPR RI menerima secara resmi nama-nama tersebut, dan kemudian akan dibawa ke rapat Lembaga Pengkajian MPR RI nanti.

Usai ragab, kepada media massa nasional Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa sangat bersyukur dan memberikan aspresiasi yang sebesar-besarnya kepada fraksi-fraksi di MPR yang secara musyawarah mufakat menetapkan lima calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI.

Lembaga Pengkajian MPR, menurut Zulkifli, adalah lembaga yang sangat penting perannya dan tugas-tugasnya.  Lembaga ini akan menampung aspirasi dari berbagai elemen masyarakat Indonesia soal apakah sistem ketatanegaraan kita sudah sempurna apa belum.  

Jadi, peran dan tugas lembaga pengkajian ini sangat penting. 

Walaupun anggota lembaga pengkajian tersebut dari berbagai kalangan bukan dari anggota parlemen, rakyat berharap banyak pada mereka sungguh-sungguh bisa memikirkan negeri ini agar memiliki sistem ketatanegaraan yang baik.  

“Alhamdulillah, kita sudah dapat lima nama bakal calon Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR melalui ragab ini, mereka ini adalah tokoh-tokoh senior, tidak diragukan lagi dan mereka tidak perlu pencitraan lagi, mereka akan serius bekerja keras dalam menampung aspirasi dan membuat sistem ketatanegaraan kita jauh lebih baik," tandasnya./der